Lokasi bentrokan di Medan Kota (Istimewa)

MEDAN – Situasi ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan sempat mencekam setelah terjadi bentrokan dua organisasi kepemudaan (OKP) yakni antara Pemua Pancasila (PP) dan Ikatan Pemuda Karya (IPK). Penyerangan massa juga menyebabkan Kantor Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Sumatera Utara (MPW PP Sumut) di Jalan Thamrin, Medan Kota hancur pada aksi, Sabtu (30/1/2016) sore.

Saksi mata di lokasi Jalan Asia menyebutkan sebelumnya massa dari IPK terdiri sejumlah armada roda empat dan motor roda dua menyebutkan dengan membawa kayu berkumpul dekat Rumah Sakit Permata Bunda Jalan Sisingamangaraja No. 7, Medan Kota. Massa kemudian mengarah ke Kantor MPW PP Sumut di Jalan Thamrin hingga terjadi penyerangan terhdap kantor PP Sumut.

Aksi ini menyebabkan kantor MPW PP Sumut hancur diamuk massa, aksi ini kemudian dibalas oleh massa dari PP. Hingga terjadi saling serang bahkan terjadi pembakaran terhadap kenderaan roda empat ditumpangi oleh massa IPK. Penyerangan ini juga menyebakan Pos PAC PP Medan Kota di Jalan Sutomo rusak berat.

Bahkan perlawan yang dilakukan oleh massa PP terhadap IPK tak berhenti, hingga berdasarkan video rekaman yang diperoleh Erabaru.net memperlihatkan massa IPK yang mengenderai roda empat diberhentikan paksa oleh massa dari PP. Massa pun terus menyerang dan memukuli mobil diantaranya berlambang salah satu OKP hingga massa IPK melarikan diri. Jalan Thamrin dan Jalan Asia, Kota Medan mencekam, pemilik toko yang berada di area tersebut menutup tempat usaha mereka.

Api yang menyala membakar kenderaan roda empat di lokasi bentrokan menjadi lokasi bentrokan bertambah mencekam. Perlawanan menjadi memanas setelah massa PP menyisiri Jalan Asia untuk mencari massa IPK yang melarikan diri. Tak hanya di Jalan Thamrin  bentrokan juga melebar ke Jalan Brigjen Katamso.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Helfi Assegaf kepada wartawan menjelaskan kejadian bentrokan yang terjadi di Medan, Sumatera Utara. Menurut dia, bentrokan tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia dari massa IPK. Bentrokan ini juga menyebabkan enam orang lainnya luka-luka akibat aksi serang kedua massa.

Hingga kini belum diketahui secara pasti akibat bentrokan dua OKP di Kota Medan itu. Namun demikian situasi Medan sudah terkendali. Pihak kepolisian dan TNI juga mempertemukan pimpinan kedua ormas.  Sejumlah saksi dari kedua OKP yang terlibat baku hantam sudah diperiksa di Polda Sumatera Utara. (asr)

Share

Video Popular