JAKARTA – Lembaga Pemeringkat Moody’s Investors Service kembali meneguhkan peringkat Indonesia pada level layak investasi (investment grade) pada Kamis (28/1/2016).  Moody’s sebelumnya telah melakukan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Indonesia pada Baa3/stable outlook tanggal 18 Januari 2012.

Dalam situs resminya  www.moodys.com ditulis dalam laporannya “Moody’s affirms Indonesia’s Baa3 sovereign rating, outlook stable.” Laporan itu dengan narahubung Christian de Guzman Vice President – Senior Analyst Sovereign Risk Group Moody’s Investors Service Singapore.

Sementara situs Bank Indonesia menulis, Moody’s memberikan afirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada Baa3/stable outlook. Beberapa faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia adalah pengelolaan keuangan pemerintah yang kuat di tengah peningkatan defisit fiskal.

Faktor lainnya adalah respons kebijakan otoritas yang efektif dalam mengelola risiko penurunan harga komoditas dan pelemahan pertumbuhan ekonomi dalam rangka memastikan sektor eksternal yang sustainable.

Selain itu, outlook stabil mencerminkan tetap kuatnya ketahanan Indonesia terhadap tekanan eksternal yang bersumber dari penurunan harga komoditas dan volatilitas pasar keuangan internasional. Meskipun tekanan eksternal terhadap pertumbuhan ekonomi masih berlangsung, perekonomian Indonesia tetap tumbuh lebih baik dibandingkan negara dengan peringkat yang sama.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyatakan, afirmasi Moody’s ini menegaskan kondisi perekonomian Indonesia saat berhadapan dengan kondisi kemerosotan perekenomian global. Tak hanya segi perekonomian, penilaian yang ditetapkan Moody’s bersamaan kondisi keuangan global .

“Afirmasi Moody’s ini menegaskan pengakuan terhadap kekuatan perekonomian Indonesia dalam menghadapi penurunan perekonomian dan volatilitas keuangan global,” ujarnya dalam siaran pers dikutip, Sabtu (30/1/2016).  Dia menambahkan, keseimbangan antara kebijakan moneter dan fiskal serta reformasi struktural yang berkelanjutan menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai pertumbuhan Indonesia yang lebih berkualitas.

Moody’s Corporation adalah perusahaan induk dari Moody’s Investors Service yang menyediakan jasa analisis keuangan dan analisis atas lembaga usaha dan lembaga pemerintah. Lembaga ini berpusat di New York, Amerika Serikat. (asr)

Share

Video Popular