Rambut tidak hanya dapat memengaruhi penampilan seseorang, warna rambut juga dapat mengungkap pesan per¬ingatan penyakit yang dipan¬carkan oleh organ dalam tubuh. Jika saripati ginjal dan darah liver cukup, limpa-lambung juga sehat, maka orang itu akan memiliki rambut yang hitam mengkilap

Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) beranggapan, ginjal menyimpan saripati, kesuburannya tercermin pada rambut; liver (hati) menyimpan darah, rambut merupakan bagian terluar dari darah”, jika saripati ginjal berkurang, maka mudah mengakibatkan rambut tidak berkilau lagi, dan cepat beruban. Jika darah liver berkurang, rambut kekurangan nutrisi, maka rambut akan mudah rontok. Pada umumnya, umur manusia sudah lebih dari 40-50 tahun, “saripati ginjal” barulah mulai berkurang, mengakibatkan warna rambut memudar, kemudian berubah menjadi putih.

Selain ginjal dan liver, PTT berpendapat, fungsi limpa-lambung yang baik juga merupakan syarat penting bagi kesehatan rambut, jika fungsi limpa-lambung lemah, kemampuan pencernaan, penyerapan dan transportasi nutrisi menjadi kurang baik, juga akan memengaruhi rambut, rambut akan berubah menjadi menguning dan kering.

Penyebab rambut uban di usia muda

Rambut uban adalah simbol manusia berusia lanjut, tapi ada pula yang berusia muda sudah beruban, ini selain karena masalah kelainan organ, juga mungkin terdapat penyebab lain, misalnya kekurangan gizi, kekurangan protein atau vitamin dan lain-lain, atau pikiran resah, tegang dalam jangka panjang, semua ini dapat menyebabkan rambut menjadi uban. Fungsi tyroid tidak normal juga bisa menyebabkan rambut beruban.

Selain itu, kurang tidur, lemah saraf dan menggunakan pikiran berlebihan dapat menyebabkan saripati dan darah berkurang, atau terlampau ketakutan dapat melukai saripati ginjal juga dapat menjadi penyebab rambut beruban.

Penyebab rambut kuyu

Fungsi tyroid menurun; kekurangan gizi berat; kekurangan zat besi dalam darah yang parah serta baru sembuh dari penyakit berat dan lain sebagainya, mengakibatkan kekurangan melanin, rambut hitam lambat laun dapat berubah menjadi abu-abu atau menguning. Terlampau sering keriting rambut, juga dapat mengakibatkan rambut terluka menjadi menguning.

Selain itu, penderita sistemik Lupus Erythematosus, selain rambut menjadi kuning, bahkan banyak yang rontok. Gadis remaja yang kekurangan kalsium, selain rambut kering menguning, juga timbul gejala keringat ketika tidur pada malam hari serta mudah mengalami otot kejang.

Pelihara kesehatan rambut – pijit kulit/titik akupunktur di kepala

Jika terjadi uban pada suatu lokasi dikepala, dan banyak rontok, dapat dilakukan pengurutan pada lokasi tersebut.

Selain itu, jika ingin memelihara kesehatan rambut, sering lakukan penekanan pada titik akupunktur yang terletak di leher, supaya otot kepala-leher lentur, peredaran energi dan darah menjadi lancar, misalnya titik Taiyang (太陽穴 di pelipis), Fengchi (風池穴) dan Baihui (百會穴, dari kedua telinga ditarik garis ke atas dan pertemuan di atas ubun-ubun itulah Baihui), Tianzhu (天柱穴 di kedua lekukan di sisi luar otot besar leher, setinggi batas rambut, letaknya segaris horizontal dengan titik Fengchi).

Cara memperkuat liver dan ginjal

PTT beranggapan, ginjal berhubungan dengan warna hitam, maka semua nutrisi makanan yang berwarna hitam masuk ke ginjal, dapat memperkaya saripati ginjal, sering makan makanan berwarna hitam antara lain wijen hitam, jamur hitam, kacang hitam, murbei, ketan hitam dan lainnya. Di pagi hari mengonsumsi bubur terbuat dari tepung wijen hitam, tepung kacang hitam serta ditambahkan tepung dari obat herbal He Shouwu sebagai menu sarapan, dapat menguatkan liver dan ginjal, mencegah dan memperbaiki uban serta kerontokan rambut.

Ingin ginjal sehat jangan banyak makan garam, supaya tidak memperberat kerja ginjal. Orang yang doyan makan asin harus banyak minum, untuk mengeluarkan garam yang berlebihan dalam tubuh melalui keringat dan urin.

Pasien yang menderita penyakit ginjal harus mengurangi minum bir, agar terhindar dari penyumbatan pada Tubulus oleh timbunan asam-urat, sehingga mengakibatkan gagal ginjal dan memengaruhi pertumbuhan rambut secara sehat.

Cara menyehatkan limpa – lambung

Pasien setelah mengalami penyakit berat, energi Limpa – Lambung kebanyakan akan melemah. Golongan karyawan yang tidak menentu waktu makannya, tidak tetap porsinya, dan menu makanan tidak seimbang, lambat laun akan merusak fungsi limpa-lambung. Pada saat udara panas suka minum minuman dingin berlebihan akan merusak energi limpa-lambung dalam tubuh, dapat berakibat fungsi limpa-lambung tidak dapat bekerja dengan normal.

Sinshe Han Fenglong, wakil ketua PTT Rumah Sakit Shuang He dari Departemen Kesehatan Taiwan mengatakan, limpa-lambung merupakan organ fundamental bagi manusia pasca kelahiran, sebagai sumber dari pembentukan dan pengolahan energi dan darah, bahkan merupakan pusat naik-turun aliran energi dalam tubuh, ingin mempertahankan fungsi yang sehat bagi tubuh manusia, semua mengandalkan pencernaan dan penyerapan serta transportasi gizi limpa-lambung. Jika limpa-lambung sehat, organ-organ lainnya baru dapat bekerja secara normal, oleh sebab itu, ingin memelihara kesehatan liver dan ginjal, harus memelihara limpa-lambung terlebih dahulu.

Supaya fungsi limpa-lambung sehat, dapat banyak mengonsumsi obat herbal Shanyao (山藥) atau Si Shen Tang (四神湯) (terdiri dari Lianzi 蓮子, Fuling 茯苓, Shanyao 山藥 dan Qianshi 芡實atau Yiren 薏仁 dimasak bersama) yang cocok bagi berbagai kondisi tubuh. Shanyao (山藥) selain dapat menyehatkan limpa-lambung, meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan, juga dapat memperkuat saripati ginjal, terutama bagi pasien yang acap kali merasa tidak nyaman di daerah

Lambung dan nafsu makan kurang baik, merupakan makanan kesehatan yang sangat cocok. (Tys)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular