Rasa panas cabai berasal dari zat capsaicin, yakni senyawa yang dihasilkan untuk melindungi cabai dari serangan jamur. Capsaicin tidak berwarna dan tidak berbau, tetapi ketika Anda memakannya, capsaicin akan merangsang otak untuk merasakan panas saat menyentuh tubuh.

Langkah bijak mencari pereda nyeri alami

Mengingat risiko yang terkait dengan NSAID yang sering diresepkan dan obat-obatan penghilang rasa sakit lainnya, termasuk obat penghilang rasa sakit narkotika (yang sekarang membunuh lebih banyak orang daripada pembunuhan dan kecelakaan mobil yang fatal di AS), dianjurkan untuk mencari pilihan yang lebih aman. Sebenarnya ada banyak. Selain capsaicin dan alternatifnya yang telah disebutkan di atas, pilihan berikut juga dapat memberikan bantuan nyeri.

1. Hapus atau kurangi secara drastis mengonsumsi makanan, biji-bijian, dan gula olahan dari menu Anda

Hindari biji-bijian (terutama gandum) dan gula olahan (terutama fruktosa terkonsentrasi) yang akan menurunkan kadar insulin dan resistensi leptin, yang merupakan salah satu alasan terpenting mengapa prostaglandin inflamasi dihasilkan. Itulah sebabnya menghentikan gula dan permen sangat penting dalam mengontrol rasa nyeri dan beragam penyakit kronis lainnya.

2. Beralih ke lemak hewani yang berbasis omega-3 dan berkualitas tinggi

Minyak krill (udang kecil), karena di antara banyak manfaat kesehatannya, minyak krill memiliki bioavailabilitas tinggi dan astaxanthin alami yang melindunginya terhadap bau tengik. Lemak omega-3 adalah perintis untuk kelas anti-inflamasi prostaglandin, yang mengatur peradangan. (Itulah bagaimana anti-inflamasi, obat penghilang rasa sakit bekerja. Mereka memanipulasi prostaglandin, tetapi dalam cara yang bisa memiliki efek samping yang menghancurkan dan bahkan mengancam jiwa)

3. Optimalkan produksi vitamin D

Dengan cara yang lazim, seperti berjemur di bawah sinar Matahari yang tepat dan aman, yang akan bekerja melalui berbagai mekanisme yang berbeda untuk mengurangi rasa nyeri Anda.

4. Emotional Freedom Technique ( EFT, Teknik Pembebasan Emosional, yakni serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik)

Adalah pendekatan bebas-narkotika untuk mengatasi semua jenis rasa nyeri. EFT meminjam prinsip-prinsip akupunktur, dalam hal ini membantu Anda untuk menyeimbangkan sistem energi halus. Ia dapat membantu mengatasi hal yang mendasar, sering kali bawah sadar, emosi negatif yang mungkin memperburuk rasa sakit fisik Anda. Dengan merangsang (menekan) titik akupunktur tertentu dengan ujung jari, Anda dapat menyeimbangkan sistem energi, yang cenderung mengusir rasa sakit.

5.Chiropractic

Banyak studi telah menetapkan bahwa pengelolaan chiropractic jauh lebih aman dan murah daripada pengobatan medis allopathic, terutama bila digunakan untuk mengatasi nyeri, seperti nyeri punggung. Chiropractic yang berkualitas, osteopathic, dan dokter naturopati dapat diandalkan, karena mereka telah menerima pelatihan ekstensif dalam pengelolaan gangguan muskuloskeletal selama kursus pelatihan kesehatan pascasarjana, yang berlangsung antara 4-6 tahun. Ahli kesehatan ini memiliki pelatihan komprehensif dalam mengatasi muskuloskeletal.

6. Akupunktur

Juga dapat efektif mengurangi berbagai jenis rasa nyeri. Penelitian klinis pada manusia telah menemukan suatu efek akupunktur yang “jelas dan kuat” dalam pengobatan nyeri punggung, leher, dan bahu, osteoarthritis, serta sakit kepala.

7. Terapi fisik dan pijat

Telah terbukti sebaik operasi untuk kondisi yang menyakitkan seperti tulang rawan robek dan arthritis.

8. Astaxanthin

Adalah salah satu anti-oksidan yang larut dalam lemak, yang dikenal paling efektif. Ia memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat, dan dalam banyak kasus, ia bekerja jauh lebih efektif daripada obat anti-inflamasi. Untuk mendapatkan efek analgesik, biasanya membutuhkan dosis yang lebih tinggi; Anda mungkin perlu 8 mg atau lebih per hari untuk mencapai manfaat ini.

9. Jahe

Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan menawarkan pereda rasa nyeri serta mengatasi masalah perut. Masukkan jahe segar ke dalam air mendidih untuk dijadikan sebagai minuman, atau sebagai campuran dalam jus sayuran.

10. Bromelain

Enzim ini dapat ditemukan dalam nanas, adalah anti-inflamasi alami. Ia dapat digunakan dalam bentuk suplemen dengan makan nanas segar.

11. Cetil myristoleate (CMO)

Minyak CMO ditemukan dalam ikan dan mentega susu, bertindak sebagai “pelumas sendi” dan anti-inflamasi. Dapat digunakan untuk meringankan kista ganglion dan gangguan carpal tunnel syndrome ringan yang muncul ketika mengetik terlalu banyak pada keyboard non-ergonomis.

12. Evening primrose, black currant, dan minyak borage

Kesemuanya mengandung esensial gamma asam lemak linolenat (GLA), yang berguna untuk mengobati nyeri rematik. (Ajg/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular