Sebuah kendaraan sedan berwarna putih, tiba-tiba dijalankan mundur dalam kecepatan tinggi oleh sopirnya sehingga menabrak sepeda gerobak pengangkut sampah yang sedang dituntun oleh seorang petugas kebersihan. Setelah menabrak dari belakang mobil pun langsung melarikan diri dan meninggalkan korban yang kondisinya belum diketahui. Kecelakaan itu terjadi di sebuah jalan di kota Jinzhong, propinsi Shanxi, Tiongkok, pada 29 Januari 2016 sekitar pukul 04:20 pagi waktu setempat.

Dari gambar yang terekam oleh kamera sirkuit terlihat, mobil sedan berwarna putih berjalan mundur dalam kecepatan tinggi dan menabrak sepeda pengangkut sampah. Tampak mobil itu melindas tubuh petugas yang terjatuh itu tetapi sopirnya tetap menancap gas untuk kabur dari tanggung jawab.

Video tersebut menimbulkan kemarahan para netizen yang melihatnya melalui internet. Menuduh sopir sengaja menabrakkan mobilnya itu untuk melukai orang lain. Dan meminta polisi untuk secepatnya menangkap sopir bersangkutan.

Ada netizen yang memberikan komentar bahwa kejadian serupa akhir-akhir ini kerap terjadi di Tiongkok, ada sopir bahkan tidak punya hati nurani.

Pada 2008, berita TV Tiongkok menyiarkan kejadian yang terekam kamera sirkuit yang terpasang.  Sebuah mobil VW Passat yang penuh debu juga berjalan mundur dalam kecepatan tinggi dan menabrak seorang nenek berusia 64 tahun.  Saking tingginya kecepatan, sampai tubuh nenek jatuh masuk kolong dengan kepala pecah setelah terlindas oleh kedua roda belakang mobil itu. Setelah berhenti sejenak, sopir yang bernama Zhao Xiaocheng lagi-lagi menjalankan mobilnya mundur hingga kedua ban depan mobil sekali lagi melindas tubuh nenek yang sudah tak berdaya. Lalu ia memasukkan persneiling ke arah maju, sehingga perputaran roda mendorong tubuh nenek ke trotoar. Tetapi belum selesai juga, ia masih 2 kali menggerakan mobil maju dan 2 kali menggerakan mobil mundur untuk melindas tubuh nenek. Setelah itu, ia melarikan diri dengan mobil dan meninggalkan begitu saja jasad nenek di tepi jalan.

Beberapa warga memberikan komentar bahwa masyarakat Tiongkok sekarang sudah hilang  kesadaran moral dan sosial, meninggalkan ajaran-ajaran baik dari nenek moyang. (sinatra/rmt)

https://www.youtube.com/watch?v=d6nPMus0QYk

Share

Video Popular