JAKARTA –  Kabar yang beredar sebelumnya yakni penutupan pabrik Panasonic di Jawa Barat dan Jawa Timur dibantah oleh Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI). Pabrik yang berada di Pasuruan Jawa Timur, Cileungsi Jawa Barat, dan Cikarang Jawa Barat hanya dilakukan penggabungan perusahaan.

Pernyataan demikian disampaikan oleh Presiden Direktur Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI), Itchiro Suganuma, dalam keterangan persnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/2/2016). Dia menegaskan pihaknya hanya melakukan penggabungan unit usaha sebagai langkah strategi bisnis Panasonic untuk masa mendatang.

Dia menuturkan penggabungan ketiga pabrik itu merupakan strategi Panasonic dalam mengantisipasi kemajuan teknologi dan perkembangan pasar terhadap produk lampu LED (Light emitting diode), sehingga lebih fokus pada produksi yang memberikan nilai tambah bagi industri. Dia menegaskan penggabungan ketiga pabrik tersebut murni dengan alasan teknologi, dia menuturkan pihaknya masih optimis dengan pasar Indonesia.

Bos Panasonic Indonesia itu menuturkan penggabungan harus dilakukan semata-mata bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Dia membantah tak ada hal lainnya yang menjadi faktor sehingga pihak perusahaan menghentikan beroprasinya ketiga pabrik tersebut.  “Ini merespon perkembangan teknologi perlampuan, serta tren permintaan pasar,” tuturnya dalam rilis di Jakarta.

Disebutkan, Panasonic di Indonesia sebelumnya memiliki dua unit bisnis manufaktur di bidang perlampuan, yaitu PT Panasonic Lighting Indonesia, berkedudukan di Rembang, Pasuruan, Jawa Timur, memproduksi lampu CFL (lampu hemat energi). Pabrik lainnya yaitu PT Panasonic Gobel Eco Solution Manufacturing Indonesia di Bekasi. Adapun di Cikarang, Bekasi dan Cileungsi Bogor, memproduksi luminer LED untuk pasar domestik dan ekspor, serta stop kontak dan kotak kontak.

Hingga akhirnya diputuskan pada 1 Januari 2016, Panasonic Gobel Eco dan Panasonic Lighting Indonesia digabungkan. Terkait ini, Panasonic Gobel Eco sebagai perusahaan hasil merger dan berkantor di Bogor, Jawa Barat.  Setelah penggabungan Panasonic Gobel Eco menjalankan produksi di dua unit lokasi kerja yaitu di Rembang, Pasuruan, Jawa Timur dan Cileungsi, Bogor.

Artinya, hingga saat ini Panasonic menjadikan kedua tempat tersebut sebagai sentra produksi luminer dan lampu LED untuk memperkuat daya saing di pasar domestik dan dunia. Apalagi kondisi pasar saat ini, permintaan produksi lampu hemat energi menurun di pasar Jepang dan domestik menurun. Pasalnya, konsumen lebih memilih menggunakan teknologi LED hingga Panasonic bertekad terus mengembangkan teknologi ini.

Terkait karyawan, perusahaan tak membiarkan begitu saja terhadap nasib para karyawan. Sejumlah opsi pilihan diberikan kepada karyawan yakni tetap bergabung di perusahaan dan akan mengikuti aturan perusahaan untuk mendukung proses produksi di Rembang, Pasuruan, Jawa Timur, atau Cileungsi, Bogor.

Pihak perusahaan mengklaim juga memberikan opsi bergabung dalam kelompok usaha Panasonic Gobel sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Opsi lainnya adalah mengundurkan diri untuk berwiraswasta. Sedangkan karyawan di unit lokasi kerja Rembang, Pasuruan, Jawa Timur dan Cileungsi, Bogor tetap bekerja seperti sedia kala. (asr)

Share

Video Popular