Beberapa waktu lalu, Pemerintah Perancis telah mencanangkan sebuah proyek pemasangan panel surya di atas permukaan jalan, Pemerintah Perancis berencana membangun panel surya sepanjang 1.000 kilometer di atas permukaan jalan. Dalam lima tahun ke depan diharapkan pembangunan infrastruktur itu bisa tercapai dan dapat memasok energi untuk 5 juta penduduk atau sekitar 8% dari total populasi Perancis.

Panel surya yang disebut Wattway ini, dikembangkan bersama selama lima tahun oleh perusahaan konstruksi Perancis Colas dengan  National Institute of Solar Energy. Panel surya ini bisa langsung dipasang di atas permukaan jalan, tanpa harus menggali jalan atau konstruksi baru.

Panel surya sepanjang 15 cm ini terbuat dari silikon polycrystalline tipis, yang membuatnya mampu menahan beban kendaraan yang sedang melintas. Panel ini memiliki ketebalan hanya tujuh milimeter dan dirancang agar mampu menahan beban yang cukup berat. Dibandingkan dengan permukaan jalan lainnya yang menggunakan panel surya, panel surya dari silikon polycrystalline tipis ini mampu memberikan traksi (daya cengkeraman jalan) yang lebih kuat, sehingga bisa mengurangi risiko bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Perusahaan Colas mengklaim, bahwa selain mampu menahan beban berat, Wattway juga tidak terpengaruh hujan atau kekeringan maupun pengaruh cuaca, dapat menyesuaikan dampak dari difusi termal di permukaan jalan. Panel surya ini juga telah diuji coba 1 juta kali melalui perputaran kendaraan yang lalu lalang, dan ini setara dengan volume lalu lintas normal selama 20 tahun, namun, fungsi dari permukaan panel tersebut masih normal.

Namun, perusahaan tersebut juga menegaskan, bahwa dibandingkan dengan jalan tradisional, operator yang mengoperasikan mesin di panel surya ini dihimbau untuk berhati-hati saat mengoperasikannya. Mengingat hanya 10% waktunya akan ada kendaraan yang lalu lalang di atas panel tersebut, sehingga Wattway memiliki cukup banyak waktu untuk menyerap energi matahari.

Otoritas Perancis yang menangani masalah energi dan lingkungan mengatakan, bahwa setiap empat meter panel surya yang dibangun mampu memasok kebutuhan energi untuk satu rumah tangga. tetapi tidak termasuk penggunaan listrik untuk pemanasan. Itu berarti setiap satu kilometer panel surya terpasang mampu memasok energi bagi 5.000 penduduk.

Prancis bukanlah negara pertama yang memasang panel surya di permukaan jalan. Belanda sebelumnya telah mengalasi jalan dengan panel surya yang pertama di dunia, yang diperuntukkan untuk jalur sepeda, dan hasil tes juga lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya. Sementara pemasangan panel surya di Perancis kali ini, adalah yang pertama kalinya mengalasi panel surya di atas permukaan jalan.

Proyek ini diketahui akan memasang wattway (panel surya) di permukaan jalan sepanjang 1,000 km, namun, belum diketahui secara pasti panel suryanya akan dipasang di jalur mana saja. (Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular