Banjir di Pangkalpinang, Babel (Istimewa)

JAKARTA – Hujan deras yang melanda Sumatera ditambah dengan cuaca ekstrem menyebabkan banjir di kawasan kota Medan, Sumatera Utara dan kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (8/2/2016). Sebanyak 7 Kecamatan di Kota Medan terendam banjir sedangkan 3 kecamatan di kota Pangkalpinang juga terendam banjir.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir yang terjadi di ibu kota Provinsi Sumatera Utara terjadi Senin (8/2/2016), pukul 04.00 WIB. Sebanyak 7 kecamatan yakni Kecamatan Medan Selayang, Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Johor, Kecamatan Medan Maimun, Kecamatan Medan Baru, Kecamatan Medan Helpetia, Kecamatan Medan Sunggal dan Kecamatan Medan Petisah terkena banjir.

Namun demikian banjir yang melanda kota Medan, sudah berangsur-angsur surut mulai pukul 18.00 WIB, Senin (8/2/2016). Tak hanya itu, masyarakat yang sebelumnya mengungsi sudah kembali ke rumah mereka masing-masing.

Banjir di kota Medan menyebabkan seanyak 50 KK di Kelurahan Beringin mengungsi ke kantor kelurahan. Banjir di kota Medan bermula hujan dengan intensitas sangat deras. Mengatasi banjir, BPBD Kota Medan melakukan evakuasi, pendataan, mendirikan posko banjir di Medan Polonia dan menyiagakan perahu karet.

Sementara curah hujan tinggi memicu banjir tiga kecamatan di Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung pada Senin (8/2), pukul 08.00 waktu setempat. Wilayah terdampak antara lain Kecamatan Taman Sari, Rangkui, dan Bukit Intan. Tiga kelurahan diberitakan terdampak banjir di Rangkui, yaitu Kelurahan Kp. Bintan, Pasir Putih, dan Parit Lalang.

Pemerintah setempat masih melakukan pendataan untuk dampak korban jiwa dan kerugian materil. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung bersama Basarnas dan Polri melakukan evakuasi warga ke tempat yang aman. Banjir di kawasan kota Pangkal Pinang disertai arus kencang dan tinggi muka air 130 cm. BPBD setempat memasang tali untuk mengevakuasi korban. Pada saat banjir, kondisi kota Pangkalpinang masih disertai cuaca hujan dengan intensitas tinggi. (asr)

Share

Video Popular