Keterangan foto: Tahun Monyet Merah Api 2016 diprediksi banyak bergejolak dan situasi dunia lebih kacau, banyak peristiwa terjadi secara cepat dan dahsyat, perubahan besar terjadi di Tiongkok atau negara Asia Tenggara. Dalam masa bergejolak masyarakat lebih menyandarkan diri pada agama dan kepercayaan. Foto: Sendra tari Monkey King yang dipentaskan oleh Shen Yun Performing Arts. (file: Shen Yun)

Oleh : Lin Yi

Setelah mengantar “Tahun Kambing” 2015,  tahun setelah 8 Februari 2016 adalah “Tahun Monyet”. Ada yang mengatakan, 2016 merupakan “Tahun Monyet Merah Berapi.” 

Situasi Tahun Monyet yang Bergejolak

Ahli Fengsui Hongkong Qiu Zhiwei menjelaskan, tahun ini situasi seluruh dunia lebih kacau dan bergejolak, akan mengalami perubahan sangat besar. Situasi politik tidak stabil, banyak peristiwa akan terjadi secara cepat dan dahsyat. Pada tahun Monyet  harus waspada menghadapi banyak masalah. Misalnya penguasa akan menghadapi banyak kesulitan dan tantangan, harus dilakukan persiapan sebelumnya, jika tidak, sampai tiba saatnya akan dibuat kalut. Di timur, diperkirakan Tiongkok atau negara di Asia Tenggara akan mengalami perubahan besar. Gerakan Anti Korupsi yang dilakukan oleh kepala negara RRT Xi Jinping akan lebih keras dan cepat, bersamaan itu mungkin ada pemimpin yang meninggal dunia, termasuk di negara Asia lainnya.

Qiu juga mengatakan, dalam unsur 5 elemen, unsur Kayu tergolong timur tertuju pada Tiongkok, unsur Logam membatasi Kayu, maka tahun ini RRT akan mengalami banyak intersepsi dan tantangan dalam hubungan luar negerinya, sedangkan di dalam negeri masalah kekuatan nasional, ekonomi, nilai mata uang melemah dan lain-lain masalah akan secara bertahap muncul, sehingga GDP RRT apakah dapat bertahan masih menjadi pertanyaan!

Tahun ini pertarungan antara Barat dan Timur akan lebih alot, politik dan cara bertindak antara pemerintah RRT dan Hongkong akan lebih tidak mempedulikan logika dan perasaan, “akan mengakibatkan terjadi banyak sekali masalah dan perselisihan, karena hubungan unsur Logam dan Kayu berarti perdebatan, unsur Logam juga mewakili Barat, pertarungan antara Kayu dan Logam mudah terjadi perdebatan.”

Hongkong merupakan sebuah kota finansial, tahun ini kaya akan emas, banyak keuangan parsial, banyak kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Namun karena perubahan dan gejolak situasi politik, pasar saham mungkin akan terjadi naik – turun dengan drastis, tidak cocok bagi investor yang mengharapkan kestabilan, namun bagi spekulan sangat cocok, Qiu memperkirakan pasar saham setelah mengalami penurunan dratis pada Juni, kemudian baru perlahan-lahan meningkat kembali. RRT dan Hongkong akan terus berdebat atas masalah kereta api cepat dan lain-lain.

Ahli Fengsui, Qiu Zhihui selanjutnya menyampaikan, tahun ini pejabat yang tergolong unsur Kayu, akan mengalami tekanan yang berat. Dalam unsur 5 elemen, Logam (emas) membatasi Kayu, namun Api juga membatasi Kayu, tidak sinkron, akan terjadi pergolakan besar. Ia memprediksi kepala daerah khusus Hongkong Leung Chun-ying juga tidak dapat bertahan lebih lama lagi.

“Ia sudah hampir habis waktunya. Dari ramalan 8 karakternya, nasibnya sudah mulai memburuk, dikatakan ingin menjabat lagi, menurut saya belum tentu bisa, lebih buruk lagi apakah dapat sampai selesai batas jabatannya,” kata Qiu Zhihui.

Dalam kehidupan sosial masyarakat, Qiu mengatakan, tahun ini permukaannya adalah unsur Api, maka dari permukaan terlihat masih tumbuh subur, jika pondasinya dihantam, unsur Kayu membatasi Tanah, Tanah diperlemah oleh Logam, “Rakyat terus menerus berhadapan dengan penguasa dan diserang oleh atasannya.”

Dalam bidang ekonomi, di RRT telah muncul kondisi melemah, RRT, Jepang dan Korea Selatan harus waspada terhadap masalah gagal panen hasil bumi, dan mudah terjadi bencana kekeringan atau banjir. Selain itu investasi jual-beli mudah terjadi harga naik turun secara drastis, jual-beli emas akan beruntung, bagi usaha pengangkutan barang tidak beruntung. Masalah harga properti yang disorot oleh penduduk Hongkong akan terjadi naik-turun, apakah bisa mendapatkan keuntungan perlu dilihat pandangan dan keberuntungan pribadi masing-masing. Selain itu sistem keuangan dan perbankan juga akan mengalami perubahan besar, mungkin saja akan mengalami krisis yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Untungnya akan dilewati dengan selamat, menderita terlebih dahulu kemudian baru merasakan keberhasilannya, mengubah bahaya menjadi keberuntungan.

Berhubung tahun ini unsur Kayu dibatasi oleh Logam, maka bidang usaha yang berhubungan dengan unsur Kayu akan mengalami penyaringan, yang lemah tersingkirkan, hanya tinggal yang kuat dapat bertahan, seperti pengobatan tradisional Tiongkok, herbal Tionghoa, percetakan, kebudayaan dan lain-lain, termasuk pula agama dan Qigong. Sedangkan bidang usaha yang berhubungan dengan unsur Air akan maju dengan stabil, seperti penjualan, pertunjukan kesenian, wisata, hidangan laut (seafood) dan lain-lain. Bidang usaha yang berhubungan dengan unsur Tanah akan mengalami kondisi jelek, banyak mengalami perubahan, seperti usaha makanan, bidang penasihat, real estate dan lain-lain. Tahun ini bidang usaha yang tergolong unsur Api mudah menonjol, seperti elektronik, komputer, kecantikan, make up. Selain itu tahun ini unsur Logam berkembang positif, berpihak pada bidangusaha yang berhubungan dengan Logam, namun jika unsur Logam berlebihan juga akan mengalami patah, jangan invest berlebihan, berbuat sesuai kemampuan saja.

Dalam bidang kesehatan, berhubung unsur Api dapat membatasi Logam (Paru), tahun ini harus memperhatikan penyakit sistem pernapasan, juga akan timbul banyak masalah perselingkuhan. Tentang masalah bencana alam dan kecelakaan, tahun ini mudah terjadi kecelakaan kereta api atau di jalan raya, tidak baik untuk bepergian jauh. Juga mudah terjadi lagi kecelakaan pesawat dan kapal laut.

Peruntungan untuk sejumlah shio

Bagi yang ber-shio macan, akan ada banyak perubahan, tapi belum tentu ke arah yang buruk. Bagi yang ber-shio ayam, peruntungannya untuk tahun Monyet ini paling baik, berkat naungan dari bintang mujur yang dapat mengurai hal buruk menjadi baik. Sedangkan bagi yang ber-shio kelinci, ular dan sapi, peruntungan di tahun ini juga lumayan.

Tahun Monyet Kesempatan Baik Untuk berlatih olah jiwa

Ahli Fengsui, Qiu Zhiwei mendeskripsikan tahun Monyet ini unsur Logam luar biasa aktif, Logam mewakili harta, jika harta terlampau banyak, manusia niscaya berubah melirik ke uang, “Mengutamakan kepentingan, tertarik berinvestasi, sulit bekerja dengan sungguh-sungguh, senang kuliner dan bermain.” Dalam masa bergejolak masyarakat lebih menyandarkan diri pada agama dan kepercayaan.”

Di Tiongkok, unsur kayu mewakili Qigong (ilmu senam meditasi), api mewakili olah raga.”

Qiu mengusulkan penduduk Hongkong tahun ini melakukan investasi jual-beli harus dilakukan sesuai dengan kemampuannya, melakukan sesuatu harus mendapatkan keuntungan secara aman, menjaga tetap tidak mencolok,sebelum mengambil keputusan harus menguasai masalahnya secara mantap.

Qiu sambil tersenyum mengatakan, bagi orang baik, setiap tahun adalah tahun keberuntungan. Tahun ini adalah tahun unsur Logam yang sangat aktif,  namun jika harta terlampau banyak dapat memengaruhi karakter manusia, ada orang merasakan ada sesuatu yang tidak dapat teratasi, maka mencari agama untuk dapat membantunya. Ia beranggapan hanya melalui agama, jiwanya baru dapat dibersihkan. Qiu menyampaikan, dalam tahun yang bergejolak ini, ia mengusulkan berusaha keras ke dalam bidang tradisional.

“Karena Timur mewakili Tiongkok, sedangkan harta pemberian dari Tiongkok sangat banyak, seperti kaligrafi, Qigong (latihan tenaga dalam), Xiulian (kultivasi diri dan latihan fisik), pemeliharaan kesehatan, semua ini tergolong unsur Kayu. Orang lain ingin memperoleh uang, Anda justru mengejar dalam bidang spiritual, sehingga di tengah gejolak, di tengah hutan rimba,  selembar daun pun tidak akan mengotori tubuh Anda,” jelas Qiu Zhihui. (tys/ whs/rmat)

Share

Video Popular