Anda pasti sudah sering kali mendengar kata “racun”. Jika Anda mencari cara untuk hidup sehat yang sistematis maka Anda mungkin telah menemukan tentang kata “detox” juga, atau membersihkan tubuh, yang membantu dalam menghilangkan racun yang telah terakumulasi dalam tubuh.

Jadi, apa itu racun? Racun itu selalu ada di dalam tubuh, dan mereka biasanya masuk melalui makanan yang kita konsumsi atau produk yang kita beli untuk membersihkan rumah kita. Bahkan mainan anak-anak atau udara yang kita hirup, semua mengandung racun di dalamnya.

Dikatakan bahwa ada hampir 82.000 bahan kimia sintetis yang ditemukan di beberapa elemen, seperti (makanan, kosmetik dan produk pembersih). Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa racun benar-benar tersebar di mana-mana dan mereka mempengaruhi tubuh kita.

Beberapa racun dapat dikendalikan tetapi tidak semua; berikut adalah beberapa fakta tentang racun yang perlu Anda ketahui.

Proses biologis

Ini adalah fakta bahwa racun yang dihasilkan dari proses biologis sangat beracun. Nikotin yang ditemukan dalam tembakau juga beracun. Bahkan sisa metabolisme yang dihasilkan dari sel-sel dalam tubuh kita dapat berbahaya.

Seluruh tempat

Racun ada di mana-mana. Salah satu kebenaran tentang racun adalah bahwa mereka dapat ditemukan dalam makanan favorit yang kita makan, seperti melalui bahan aditif dalam makanan, pewarna makanan (RED 40) dan penyedap kimia (MSG dan aspartam) atau obat yang diresepkan. Bahkan air yang kita minum juga memiliki racun. Beberapa polutan dalam air yang beracun di alam, yaitu karsinogen dan merkuri yang dapat menciptakan gangguan sistem saraf.

Udara

Racun dapat masuk ke tubuh melalui udara yang kita hirup. Misalnya, karbon monoksida yang dihasilkan oleh kendaraan. Bahkan bahan kimia dari produk sehari-hari yang kita gunakan untuk membersihkan rumah. Ini adalah beberapa kebenaran tentang racun yang perlu Anda ketahui.

Buah

Buah-buahan seperti apel, persik, pir, aprikot, ceri dan buah-buahan berpori lainnya memiliki racun yang alami. Beberapa berisi klasifikasi senyawa yang dikenal sebagai sianogen. Sianogen dapat mematikan, tapi kita tetap mengonsumsi buah-buahan, karena sangat diperlukan untuk kesehatan kita, sehingga tidak pernah menjadi masalah.

Dosis tinggi

Kita menyadari bahwa dalam jumlah kecil dapat terhindar dari potensi keracunan, namun, kadang-kadang, kita perlu racun tertentu bagi tubuh kita untuk fungsi tubuh, misalnya vitamin A. Jika Anda mengambil dosis tinggi maka itu dapat berubah menjadi racun ; Namun, jikga menghindari itu dapat membuat Anda menderita kekurangan vitamin A. Ketika kekurangan vitamin , itu dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ini adalah salah satu fakta tentang racun yang perlu Anda ketahui.

Pestisida dan herbisida

Pestisida dan herbisida bias jadi, karena mereka kebanyakan disemprotkan pada sumber makanan yang kita konsumsi. Ini adalah racun yang secara alami diserap oleh tubuh kita. residu pestisida biasanya disemprotkan ke produk baru dan non-organik.

Polusi udara

Polusi udara seperti ozon dan nitrogen dioksida bisa menimbulkan manusia berbagai masalah kesehatan, diantaranya radang pernapasan dan kanker.

Sayuran dan buah organik

Buah-buahan dan sayuran organik juga tidak dapat terlepas dari racun. Mereka mengandung E. coli dan salmonella yang menyebabkan penyakit akut.

Kentang yang mempunyai bintik-bintik hijau mengandung senyawa yang disebut glycoalkaloids, yang secara harfiah beracun juga. Wortel mengandung carotoxins dan miristisin, yang kebetulan menjadi racun. Namun kabar baiknya adalah bahwa, mereka hadir hanya dalam dosis kecil, maka tidak sangat berbahaya untuk dikonsumsi.

Beberapa kebenaran tentang racun yang perlu Anda ketahui adalah seperti paparan berlebihan dati radiasi ponsel, Wi-Fi, pembangkit listrik, microwave oven dan X-ray medis bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh juga.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular