Erabaru.net. Acapkali menatap layar komputer atau smartphone dalam waktu lama dapat membuat mata menjadi kering, hal ini dikarenakan retina mata memiliki rhodopsin yang peka terhadap cahaya.

Rhodopsin terbentuk dari kombinasi vitamin A dan opsin. Gelombang cahaya dari layar komputer dapat merusak rhodopsin di dalam mata, lama kelamaan, mata akan merasa lelah, tahi mata bertambah, mata kering, gatal dan gejala lain.

Jadi, untuk memenuhi rhodopsin yang memadai, harus lebih dulu memenuhinya dengan vitamin, dan tentu saja ini tidak terlepas dari keluarga buah-buahan yang kaya akan vitamin.

1. Buah naga

Kulit dari buah naga mengandung vitamin E dan satu unsur yang lebih unik yakni antosianin. Antosianin terdapat dalam kulit anggur, sayuran maupun buah-buahan lainnya, namun, kandungan antosianin dalam buah naga paling tinggi diantara buah lainnya.

Mereka memiliki khasiat sebagai antioksidan, anti radikal bebas dan anti penuaan, selain itu juga dapat meningkatkan pencegahan terhadap degenerasi sel-sel otak, dan berkhasiat menangkal demensia.

2. Pisang

Pisang bisa melindungi mata, pertama dikarenakan kaliumnya yang melimpah. Kedua, pisang mengandung sejumlah besar karoten β-.

Ketika tubuh menyerap terlalu banyak garam, dapat menyebabkan sejumlah besar volume air tertinggal di dalam sel, yang dapat menyebabkan iritasi mata, sementara kandungan kalium dapat membantu tubuh mengeluarkan garam yang berlebih ini, sehingga memungkinkan tubuh mencapai keseimbangan dari kalium dan natrium, meredakan gejala tidak nyaman pada mata.

Karena itu, lindungilah mata Anda, dan makanlah pisang apabila aktivitas mata Anda berlebihan, tingkatkan nutrisi melalui pola makan sehat, untuk memperbaiki penglihatan Anda, selain itu juga berkhasiat dalam meredakan gejala mata kering dan nyeri di mata.

3. Tomat ceri

Tomat ceri adalah gudangnya vitamin. Kandungan vitamin A dalam tomat ceri tergolong paling menonjol di antara sayur dan buah lainnya, selain itu juga kaya akan vitamin C dan P, dapat menghilangkan radikal bebas, memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi asam deoksiribonukleat dari sel-sel tubuh, mencegah mutasi gen.

Sementara itu, unsur pektin dalam tomat ceri juga dapat meningkatkan elastisitas kulit, jadi, menikmatinya sebagai camilan, selain dapat mempercantik kulit juga dapat melindungi mata.

4. Buah kumquat (keluarga jeruk)

Nilai gizi dari kulit buah kumquat sungguh menakjubkan, sebesar 80% vitamin C terdapat di dalam kulitnya.

Tidak hanya berfungsi sebagai detoksifikasi organ hati, tetapi juga dapat melindungi mata, melindungi sistem kekebalan tubuh dan khasiat lainnya, nilai gizinya paling tinggi dalam deretan keluarga buah jeruk lainnya.

Isi maupun kulit buah kumquat tebal dan halus berkilau, akan menghasilkan aromatik yang khas saat ditekan. Selain dimakan berikut kulit segarnya, ia (kumquat) juga sering dibuah manisan, minuman, anggur buah / fruit wine (fermentasi minuman beralkohol yang terbuat dari segala jenis buah selain buah anggur), dan makanan ringan lainnya.

5. Blueberry

Blueberry mengandung pigmen khusus yakni anthocyanosides, yang merupakan antioksidan alami, membantu mengatasi masalah mata, dan berkhasiat sebagai perawatan yang baik bagi mereka yang sering merasakan mata lelah, penglihatan yang buruk pada malam hari. Sebagai catatan, antosianin yang diekstrak dari blueberry liar umumnya digunakan sebagai pelindung mata rabun, dan mencegah kerusakan penglihatan, selain itu, blueberry juga memiliki efek radikal bebas yang baik, jadi jangan abaikan fungsinya sebagai anti penuaan.

6. Tebu

Tebu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama kandungan zat besinya mencapai hingga 1,3 mg / 100 gr, teratas di antara berbagai jenis buah-buahan, memiliki julukan sebagai “buah penambah darah”.

Minum jus tebu dapat menghilangkan panas dalam, membantu pencernaan, cocok diminum bagi mereka yang memiliki gejala mulut kering, mual, gangguan pencernaan dan menurunkan demam.

Selain itu juga sangat berkhasiat dalam merawat kesehatan mata.

7. Kesemek

Nilai gizi kesemek sangat tinggi, kaya akan sukrosa, glukosa, fruktosa, protein, karoten, vitamin C, citrulline, yodium, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Kandungan vitamin dan gulanya lebih tinggi 1 – 2 kali dari buah-buahan pada umumnya, jika sehari makan satu buah kesemek, maka vitamin C yang diserapnya itu sudah bisa memenuhi setengah dari jumlah asupan harian vitamin C yang dibutuhkan.(Secretchina/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular