Tahukah Anda bahwa kesehatan dan kebugaran dapat ditingkatkan hanya dengan belajar bernapas dengan benar. Bernapas dengan benar akan mengoptimalkan oksigenasi ke otot dan organ internal. Pernapasan yang benar juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan dengan menurunkan tekanan hormon adrenalin dan kortisol, dan melepaskan hormon yang meningkatkan suasana hati seperti serotonin, menyeimbangkan sistem saraf simpatis dan parasimpatis, meningkatkan fokus mental dan meningkatkan kesehatan otak.

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada orang yang iseng memberikan pelajaran untuk bernapas, karena secara alamiah Anda telah melakukannya sejak dilahirkan, namun pada kenyataannya Anda kemungkinan tidak bernapas dengan benar tanpa menyadarinya.

Kebanyakan orang terlalu banyak bernapas, dengan kata lain mereka mengalami hiperventilasi kronis, dan selama melakukan olahraga dapat mengalami sejumlah konsekuensi yang merugikan. Pernapasan mulut adalah kesalahan umum yang lain, terutama saat berolahraga.

Pernapasan mulut dan hidung adalah berbeda secara dramatis dalam hal kedalaman bernapas, bagaimana udara yang ‘disiapkan’, dan efek fisik yang dihasilkan.

Misalnya, selama latihan, dengan bernapas melalui hidung akan membantu Anda mengoptimalkan kinerja, daya tahan, tingkat energi pascalatihan, dan bahkan kemampuan Anda untuk memetabolisme lemak. Jadi langkah pertama untuk mencapai pernapasan optimal adalah bernapas melalui hidung, bukan melalui mulut, dan ini berlaku baik di dalam dan di luar gym.

Tanda-tanda pernapasan yang tidak efisien

Bagaimana mengetahui jika Anda tidak benar dalam bernapas? Seperti yang dicatat oleh Patrick McKeown, salah satu guru metode pernapasan buteyko terkemuka (videonya bisa dilihat di youtube), ada sejumlah tanda-tanda atau gejala yang dapat mengingatkan akan fakta bahwa Anda tidak bernapas dengan efisien. Diantaranya termasuk:

• Bernapas melalui mulut

• Sering mendesah

• Mengambil napas besar sebelum berbicara

• Rhinitis kronis (hidung tersumbat dan pilek)

• Pernapasan dada atas

• Pernapasan mudah terlihat selama beristirahat

• Pernapasan yang tak teratur

• Apnea tidur (kesulitan bernapas saat tidur)

Efek merugikan dari pernapasan yang salah, seperti pernapasan mulut dan bernapas berlebihan, telah terdokumentasi dengan baik. Lebih dari 50 makalah membahas tentang pentingnya bernapas melalui hidung, yang dapat ditemukan dalam situs web Buteyko Clinic.

Pentingnya pernapasan hidung

Metode Buteyko mengajarkan bagaimana membawa volume pernapasan Anda kembali normal atau dengan kata lain, untuk membalikkan apa yang disebut hiperventilasi kronis atau bernapas berlebihan kronis.

Salah satu aspek yang paling penting dari pernapasan yang tepat adalah bernapas melalui hidung. Sebagian manfaat dari pernapasan hidung terkait dengan fakta bahwa ada oksida nitrat dalam hidung, dan ketika bernapas melalui hidung, akan membawa sejumlah kecil gas yang bermanfaat ini ke dalam paru-paru.

Nitrat oksida tidak hanya membantu mempertahankan homeostasis atau keseimbangan dalam tubuh, tapi juga bronkodilator (obat yang terutama digunakan untuk mengatasi asma) dan vasodilator (agen yang memperlebar pembuluh darah), dan memiliki sifat antibakteri yang membantu menetralisir kuman dan bakteri.

Pernapasan hidung juga membantu menormalkan volume nafas. Hal ini penting karena ketika Anda mengalami bernapas berlebihan yang kronis, volume bernapas yang lebih berat masuk ke paru-paru sehingga dapat menyebabkan gangguan gas darah, termasuk hilangnya karbondioksida (CO2). (Ajg/Yant)

Bersambung

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular