Erabaru.net. Ada sangat sedikit yang menyadari bahwa peningkatan kadar kadar asam urat dalam darah adalah penyebab penyakit asam urat atau gout.

Asam urat adalah limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh.

Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat yang bertumpuk tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi.

Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke dalam ruang sendi dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat sakit.

Berikut adalah saran dari The American Medical Association beberapa makanan untuk mengatasi asam urat:

1. Nanas

Enzim bromelain dalam buah nanas dikenal memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dari salah satu gejala asam urat.

2. Jahe

Jahe mengandung zat (senyawa) yang dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh asam urat

3. Kunyit

Kunyit adalah salah satu ramuan India yang terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan disarankan untuk rutin mengonsumsi kunyit dalam makanan sehari-hari .

4. Jus ceri

Masalah asam urat dapat diatasi dengan banyak mengonsumsi buah-buahan segar, terutama buah ceri yang dikenal dapat mengurangi asam urat serta menurunkan kemungkinan asam urat datang menyerang tubuh Anda.

5. Pisang

Buah ini dikenal memiliki kandungan gula yang lebih rendah dan kadar kalium tinggi serta bersifat basa, sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk mencegah datangnya asam urat.

6. Produk susu rendah lemak

Mengonsumsi produk susu yang berkadar rendah lemak, seperti susu dan yogurt dikenal dapat mengurangi risiko penyebab asam urat. Oleh karena itu, disarankan oleh para ahli untuk memenuhi cairan tubuh hampir 16 sampai 24 cairan oz, bagi Anda dalam usaha mencegah datanganya gejala asam urat.

7. Selada air

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki selada air, bermanfaat untuk kesehatan ginjal serta menghapus kadar asam urat yang berlebihan dari tubuh. (Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular