Tahukah Anda bahwa kesehatan dan kebugaran dapat ditingkatkan hanya dengan belajar bernapas dengan benar. Bernapas dengan benar akan mengoptimalkan oksigenasi ke otot dan organ internal. Pernapasan yang benar juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan.

Bahaya bernapas berlebihan

Berlawanan dengan kepercayaan orang pada umumnya, karbondioksida bukanlah sekedar gas buangan. Meskipun kita bernapas untuk membuang kelebihan CO2, namun sangat penting volume pernapasan Anda normal, untuk dapat mempertahankan kadar CO2 tertentu dalam aliran darah Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Patrick, jika bernapas terlalu banyak, Anda akan kehilangan karbondioksida, yang menyebabkan otot-otot halus di sekitar saluran udara mengerut. Hal ini menciptakan umpan balik negatif yang dapat menyebabkan hiperventilasi kronis dan berpotensi asma.

Meskipun Anda mungkin percaya bahwa mengambil nafas lebih dalam melalui mulut akan memungkinkan Anda mengambil lebih banyak oksigen ke dalam tubuh, yang semestinya dapat membuat Anda merasa lebih baik, namun justru sebaliknya yang terjadi. Anda dapat mengujinya dengan mengambil lima atau enam nafas besar keluar masuk melalui mulut. Kebanyakan orang akan mulai mengalami sedikit pusing atau pening.

Hal ini terjadi karena Anda telah menghilangkan terlalu banyak karbondioksida dari aliran darah, yang menyebabkan pembuluh darah Anda terbatasi, maka terjadilah pusing. Jadi, lebih berat Anda bernapas, semakin sedikit oksigen yang diantarkan ke seluruh tubuh karena kurangnya karbondioksida, yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hilangnya karbondioksida yang disebabkan oleh nafas berat juga mengurangi aliran darah ke jantung, yang dalam beberapa kasus bisa menyebabkan serangan jantung.

Pelajari diafragma pernapasan untuk mengatasi stres

Seperti tercantum dalam Men’s Health Magazine, jika Anda terlalu stres, latihan relaksasi pernapasan diafragma mungkin yang terbaik untuk Anda lakukan pada saat itu. Pelatih kebugaran Geoff Neupert menulis:

“Di sini adalah beberapa manfaat penting berlatih pernapasan diafragma secara teratur. Anda dapat melakukannya untuk menggantikan olahraga ketika terlalu stres … atau dapat melakukannya di akhir latihan Anda … Berikut cara untuk melakukannya: Pilih posisi yang nyaman untuk berbaring, baik di perut ataupun punggung. Kemudian tutup mata Anda, pikirkan tentang liburan favorit Anda, dan selanjutnya hanya bernapas selama 5 menit atau lebih. Anda tidak hanya akan terkejut dengan seberapa hal baik yang dirasakan setelah melakukannya, namun juga seberapa baik Anda akan tidur malam itu dan bagaimana Anda akan merasa pulih untuk latihan berikutnya. Tentu saja, pernapasan diafragma mungkin bukanlah ‘obat’, tapi itu mungkin yang Anda butuhkan untuk mengakhiri hari-hari yang menyiksa.”

Sekali lagi, di saat melakukan hal ini, pastikan untuk bernapas melalui hidung. Pernapasan hidung memiliki efek samping otomatis yang membantu Anda bernapas lebih ringan, tidak hanya dapat membantu rhinitis dan hidung tersumbat kronis, yang sering kali hasil dari pernapasan mulut, tetapi juga membantu mengurangi kecemasan dan panik. Ingatlah, lebih dalam dan lebih cepat Anda bernapas, semakin terbatas pembuluh darah Anda, yang berarti lebih sedikit oksigen yang akan dikirimkan ke dalam jaringan otot, termasuk jantung dan otak.

Jadi trik ini adalah bernapas secara ringan dan merata, melalui hidung, dengan fokus pada pernapasan diafragma Anda daripada dada. Hal ini akan memperlambat dan mengatur sirkulasi pernapasan Anda, meningkatkan oksigenasi, dan memiliki efek menenangkan karena mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. (Ajg/Yant)

Bersambung

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular