Keterangan foto: (Dari kiri ke kanan) Putin, Xi Jinping, Park Geun-hye sedang naik ke tribune utama di Tiananmen menjelang Parade Militer Tiongkok pada 3 September 2015. (internet)

Oleh CNA Seoul

Kantor berita Korea Selaatan Yonhap dan TV KBS bersama-sama meminta organisasi peneliti Korea Research untuk menyelenggarakan jajak pendapat untuk mengetahui lebih jauh tentang suara dukungan rakyat Korea Selatan terhadap Presiden Park Geun-hye.

Yonhap memberitakan bahwa hasil jajak pendapat yang 46 % itu pada dasarnya masih sama dengan suara dukungan kepada Park Geun-hye yang diperoleh pada 2015. Keputusan pemerintah Korea Selatan untuk menghentikan kerjasama proyek Keosong dengan Korea Utara baru-baru ini sama sekali tidak mempengaruhi masyarakat Korea Selatan untuk mengevaluasi kebijakan presiden mereka.

Hasil jajak pendapat menunjukkan, responden yang memberikan evaluasi positif terhadap Park Geun-hye menyumbang 46 % suara. Naik sebanyak 1.9 % bila dibandingkan dengan jajak pendapat yang diambil pada Desember tahun lalu. Meskipun responden yang memberikan evaluasi negatif menyumbang 48.7 % suaraa, tetapi angka itu menurun dari 49.1 % yang diambil akhir tahun lalu.

Korea Research menganggap, jajak pendapat yang menghasilkan tingkat dukungan hampir sama dengan akhir tahun lalu itu menunjukkan bahwa penghentian proyek Kaesong setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal sama sekali tidak mempengaruhi penilaian rakyat Korea Selatan terhadap kepemimpinan Park Geun-hye.

Jajak pendapat tersebut dilaksanakan pada 11 – 12 Pebruari yang direspon oleh 1.013 orang dewasa Korea Selatan dengan tingkat kepercayaan 95 % dan margin keslahan +/- 3.1 %. (epochtimes/sinatra/rmat)

Share

Video Popular