Pengembangan pesawat televisi tahap berikutnya akan dilengkapi dengan “Feelyvision”? Ilmuwan Inggris kini sedang mengembangkan sebuah teknologi yang memungkinkan penonton bisa merasakan rintik hujan jatuh di tangan atau semilir tiupan angin di wajah saat sedang nonton TV.

Para peneliti di University of Sussex, Inggris menggunakan pancaran ultrasonik dan arus udara untuk mewujudkan sensasi hujan dan semilir angin, untuk memperkuat sensasi penonton saat sedang nonton TV. “Feelyvision”ini akan membantu produser industri TV membuat program yang “bisa membuat pemirsa hanyut dalam dunia multi indera dan menarik perhatian mereka”. Penggunaan teknologi gelombang ultarsonik ini memungkinkan kedua tangan pemirsa merasakan “tactile feedback” (respon/umpan balik), tanpa harus memakai sarung tangan khusus, kata Dr. Marianna Obrist dari HumanComputer Interaction Lab.

Teknik tersebut menggunakan gelombang ultrasonic yang diproyeksikan langsung secara akurat di tangan pemirsa, menstimulasi bagian tangan pemirsa untuk membangkitkan area emosional/perasaan yang tidak sama, agar telapak tangan pemirsa merasakan sensasi indera dari terpaan rintik hujan.

Para peneliti menemukan, bahwa hempasan tajam dan singkat di area tengah ibu jari, telunjuk dan telapak tangan dapat menimbulkan rasa gembira. Sedangkan rangsangan atau stimulasi lambat dan lembut di area sekeliling jari kelingking dan ujung luar telapak tangan dapat menimbulkan perasaan sedih.

Begitu juga dengan fungsi soundtrack film, yang digunakan untuk memperkuat perasaan penonton dalam menanti adegan atau alur cerita selanjutnya. Dalam hal ini juga bisa menggunakan sentuhan, bahkan dengan tambahan sentuhan (indera) peraba dan aroma untuk menambah sensasi dalam menonton, ujar Dr. Marianna Obrist.

Di bioskop 4DX, penonton yang duduk di atas kursi dan ikut bergoyang mengikuti suasana dalam film yang ditayangkan, juga dapat merasakan percikan air.  Dr. Marianna Obrist berencana menciptakan “televisi sembilan dimensi,” yang dilengkapi dengan (organ) indera untuk menciptakan sebuah pengalaman multi-indera yang sempurna. selain itu, ia juga berencana menciptakan game komputer yang dapat membangkitkan suasana.

Emosi manusia juga dapat dipengaruhi oleh teknologi haptic (sensasi sentuhan). Titik yang tidak sama di sekitar tangan dapat menyampaikan perasaan bahagia, sedih, gembira atau takut. “coba bayangkan sejenak, sepasang suami isteri bertengkar hebat sebelum berangkat ke kantor, ketika sang isteri sedang rapat, gelang ditangannya menerima sinyal, memancarkan suatu perasaan yang lembut ke telapak tangan, dan perasaan ini memberinya kenyamanan, yang menyampaikan bahwa suaminya tidak marah lagi,” kata Dr. Marianna Obrist.

Dewan Riset Eropa memberikan dana sebesar 1 juta pound sterling atau sekitar Rp. 19,5 miliar kepada Dr Marianna Obrist, untuk proyek lima tahun yang dipimpinnya dalam penelitian terkait indera perasa, bau dan peraba. (Jhon/asr)

Share

Video Popular