Keterangan gambar: Mumi hewan misterius ditemukan di gudang bawah tanah kuno di Turki, sejenis hewan purbakala yang telah punah. (Network Graphics)

Erabaru.net. Di sebuah gudang bawah tanah kuno di Turki ditemukan sosok mumi misterius, memiliki taring yang tajam, kulit yang kendor, dan ekor menyerupai pecut.

Arkeolog menduga mumi itu kemungkinan berasal dari era prasejarah, sementara, arkeolog lainnya beranggapan hewan itu sejenis kucing jika dilihat dari taringnya.

Mumi hewan tersebut ditemukan di gudang bawah tanah rumah Abdullah Ozturk di Niğde, Turki.

Mumi yang unik itu diketahui berukuran satu meter jika diukur dari hidung ke ujung ekornya, bentuk kerangka dan giginya yang menonjol itu menunjukkan makhluk tersebut mungkin sejenis kucing liar.

Keterangan gambar: Mumi hewan misterius ditemukan di gudang bawah tanah kuno di Turki, sejenis hewan purbakala yang telah punah. (Network Graphics)

Ada bukti kuat bahwa makhluk itu merupakan sejenis kucing. Itu karena ada sejarah mengenai kucing yang dimumikan di Anatolia antara Abad ke-10 sampai 13.

Tradisi tak biasa itu bisa ditelusuri kembali pada masa Mesir Kuno, orang-orang Mesir kuno terinspirasi oleh praktik di mana kucing dimumikan untuk dewi berkepala kucing, Bastet.

Bastet merupakan dewi kemakmuran, dan digambarkan sebagai sosok setengah kucing dan setengah singa.

Kucing merupakan hewan yang dihormati di Mesir kuno, sebagian karena kemampuannya memberantas hewan hama seperti tikus yang mengancam keamanan persediaan makanan, juga ular kobra.

“Saya telah mengundang dua arkeolog untuk membantu memeriksa tulang kerangka mumi, mereka menduga itu adalah sejenis hewan purbakala, dan mungkin sudah punah.

Namun, mereka tidak dapat mengidentifikasi secara spesifik terkait spesies makhluk tersebut,” ujar juru kunci Abdullah Ozturk. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular