Erabaru.net. Mattel, produsen mainan terbesar dunia kini berencana mengubah Thingmaker buatan Mattel yang populer di tahun 1960-an itu menjadi sebuah printer 3D.

Produk ini memungkinkan anak-anak untuk membuat mainan figurine sendiri. Anak-anak dapat membuat mainan sesuai keinginan mereka masing-masing dengan bantuan printer 3D ini.

Printer 3D khusus anak-anak “Thingmaker” yang dikembangkan bersama dengan Autodesk-perusahaan perangkat lunak 3D ini akan dijual di situs Amazon seharga US$ 299.99 atau sekitar Rp.4 jutaan, ungkap Mattel.

Pengguna dapat mencetak jenis mainan yang disukai melalui ponsel Android dan iPhone, seperti boneka, dinosaurus, perhiasan, robot, dan masih banyak lagi mainan yang bisa dicetak sesuai keinginan.

Melalui aplikasi “Thingmaker”, pengguna dapat membuat jenis mainan yang diinginkan. Setelah memilih modul mainan di dalam sistem, pengguna dapat “merakit” masing-masing komponen mainan di App, kemudian menekan tombol “Print”, printer akan menutup pintu secara otomatis, kemudin mulai mencetak.

Mattel mengatakan, bahan cetakan yang digunakan “thingmaker” aman dan ramah lingkungan, tersedia dalam berbagai pilihan bahan yang lembut dan keras dengan aneka warna yang tidak sama, selain itu juga disertai dengan bahan yang bisa menyala dalam gelap.

Mattel menjadwalkan rilis ThingMaker 3D pada musim gugur 2016, tapi, konsumen bisa memesannya melalui pre-order di Amazon mulai hari ini (15/2/2016).

ThingMaker 3D ini aman digunakan oleh anak-anak berusia 3 tahun ke atas. Meskipun printer 3D telah diluncurkan untuk beberapa waktu, namun, pasar konsumen belum universal, hal ini terutama karena harganya yang tergolong mahal, dan mesin yang kompleks serta waktu cetak mainan yang lama dan faktor lainnya. (Jhon/asr)

Share

Video Popular