Menurut data statistik di Inggris, bahwa ada sekitar 85% populasi di sana menderita sakit kepala setidaknya sekali dalam waktu satu tahun, sementara itu sekitar 38% orang dewasa juga mengalami gangguan sakit kepala dalam waktu dua minggu.(Fotolia)

Erabaru.net Tidak peduli apakah menderita sakit kepala setelah sibuk seharian penuh atau sakit kepala karena ulah anak-anak sepanjang hari, sebaiknya jangan buru-buru mengatasinya dengan obat-obatan.

Dr. Jane Leonard, spesialis estetika medik di Inggris mengajarkan Anda sebuah cara yang sederhana dan efektif, meredakan sakit kepala dengan “pensil”.

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang paling umum, menurut data statistik di Inggris, bahwa ada sekitar 85% populasi di sana menderita sakit kepala setidaknya sekali dalam waktu satu tahun, sementara itu sekitar 38% orang dewasa juga mengalami gangguan sakit kepala dalam waktu dua minggu

Sakit kepala sebagian besar dipicu oleh kelelahan, stres, cemas, hingga gangguan emosi.

Tekanan di kepala biasanya disebabkan kejang otot di wajah, leher, rahang, dan kepala atau yang dikenal dengan temporomandibular joint (TMJ) dysfunction, ujar Dr. Jane Leonard seperti dilansir laman “Daily Mail” (Jumat, 12 Februari 2016).

Dr Jane Leonard pemiliki klinik di London dan Manchester, Inggris mengungkapkan, dengan menggigit pensil maka bisa mengendurkan otot rahang yang tegang. Posisi pensil dibuat horizontal saat digigit. “Ini merupakan latihan untuk mencoba mengendurkan otot-otot yang biasa digunakan untuk mengunyah dan bagian yang mengalami disfungsi TMJ. Selain itu, kejang otot juga bisa menjadi tanda disfungsi temporomandibular joint (TMJ). TMJ biasanya terjadi, karena sering menggeretakkan gigi saat tidur.”

Menurut penuturan Julie Sugrue, terapis fisik yang khusus meneliti pengaruh otot yang memicu sakit kepala, bahwa kepala dan leher manusia terdapat setidaknya 36 jaringan otot, dan 20 di antaranya itu telah terbukti menyebabkan sakit kepala. “Otot-otot ini digunakan untuk berbagai aktivitas seperti menggerakkan kepala, menjaga postur tubuh, makan, berbicara, dan mengontrol ekspresi wajah. Itulah sebabnya sering kali sakit kepala itu disebabkan akibat dari aktivitas leher yang berlebihan,” ujar Julie Sugrue

Dengan menggigit-gigit pensil atau bolpen secara perlahan dengan posisi horizontal mungkin dapat mengurangi sakit kepala, namun banyak faktor yang menyebabkan sakit kepala, mengigit pensil belum tentu meringankan semua gejala sakit kepala. Jika sering sakit kepala, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut dan pengobatan. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular