Keterangan foto: Perdana Menteri Inggris David Cameron (kiri) sedang berjabatan tangan dengan Ketua Dewan Eropa Donald Tusk (kanan). (Yves Herman/Getty Images)

Oleh CNA Brussel

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk di Brussel memperingatkan bahwa kunci keberhasilan untuk mempertahankan Inggris tetap tinggal di Uni Eropa terletak pada pertemuan puncak Uni Eropa yang diadakan mulai Kamis (18/2/2016) meskipun diperkirakan negosiasi akan berlangsung tidak mudah.

Agence France-Presse memberitakan, kata Tusk dalam perjalanan menuju tempat pertemuan kepada wartawan, “Kita masih terus bernegosiasi dengan Inggris meskipun masalahnya sangat sensitif dan penuh kesulitan. Namun ada hal yang jelas dalam benak saya yaitu, ini adalah pertemuan yang bersifat gagal atau berhasil.”

Associated Press melaporkan bahwa ada 4 isu inti yang akan dibahas dalam 2 hari pertemuan puncak Uni Eropa ini.

“Terus terang, saya tidak berani menjamin apakah kita semua akan mencapai satu kesepakatan,” kata Donald Tusk.

Dalam sebuah surat yang diberikan kepada para peserta pertemuan, Donald Tusk menulis: “Kita tidak boleh kalah, kekalahan yang menjadi milik Uni Eropa dan Inggris, tetapi itu justru menjadi kemenangan bagi mereka yang berusaha memanfaat geopolitik untuk memecah-belah kita.” (sinatra/rmat)

Share

Video Popular