Setelah didiagnosis kanker paru-paru, berikutnya adalah “pengobatan kanker paru-paru”. Pengobatan yang akan dilakukan terhadap kanker paru-paru ini antara lain : operasi, kemoterapi, radioterapi, targeted therapy (pengobatan yang ditujukan pada proses spesifik dari pertumbuhan sel kanker), atau terapi kombinasi dari metode-metode yang disebutkan ini

Jika kanker paru-paru non sel kecil belum menyebar ke jaringan anggota tubuh lainnya di luar paru-paru, dokter akan merekomendasikan agar secara langsung mengangkat tumor dengan operasi, metode pembedahan mungkin berupa terapi pengobatan pertama yang akan dijalani pasien.

Namun, operasi jarang dilakukan terhadap kanker paru-paru sel kecil, karena biasanya kanker telah menyebar sebelum diagnosis, jadi, meskipun operasi juga jarang bisa disembuhkan.

Berikut adalah jenis operasi kanker paru-paru :

Menghilangkan sebagian kecil paru-paru

Wedge Resection: Pengangkatan sebagian kecil jaringan paru-paru untuk mencegah terjadinya penyebaran sel-sel kanker, dokter akan mengangkat/menghilangkan sebagian kecil tumor. Untuk tumor stadium I dan II, dokter mungkin akan memilih pembedahan torakoskopi berbantu video (video-assisted thoracic surgery -VATS), operasi membuka rongga dada atau orthopedic surgery system/sistem operasi ortopedi.

Pengangkatan seluruh lobus

Lobektomi: Operasi pengangkatan hampir seluruh bagian lobus (bagian dari paru-paru yang memiliki batas jelas) dalam satu sisi paru-paru. Paru-paru kiri memiliki dua lobus, sementara paru-paru kanan mempunyai tiga lobus.: dalam proses ini, dokter akan mencoba mempertahankan area paru-paru secara utuh, hanya akan mengangkat tumor lobus ganas (bagian dari paru-paru).

Lobektomi : saat proses lobektomi, dokter akan mengangkat seluruh lobus.

Mengangkat seluruh paru-paru

Penumonektomi: Prosedur pengangkatan salah satu sisi dari paru-paru secara keseluruhan. Pengobatan kanker paru-paru ini terpaksa dilakukan jika sel-sel kanker sudah menyebar hingga ke seluruh bagian paru-paru. Ketika tumor paru-paru agak besar dan dekat dengan pusat dada, maka dokter akan melakukan prosedur wedge reseksi dan reseksi paru. Dan proses lobektomi akan dilakukan ketika tumor paru-paru berada di sekeliling luar (jauh dari pusat dada).

Lymphadenectomy (operasi kelenjar getah bening)

Operasi kelenjar getah bening atau lymphadenectomy : saat proses lymphadenectomy, dokter akan memotong beberapa kelenjar getah bening di sekitar tumor, untuk melihat apakah ada sel kanker di luar paru-paru. Ini akan membantu dokter untuk memastikan tahapan kanker paru dan perencanaan perawatan/pengobatan yang tepat. Jika ahli bedah onkologi menemukan adanya sel-sel kanker di kelenjar getah bening, maka pesien akan menjalani kemoterapi setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker ini.

Setelah operasi, jaringan tumor yang telah diangkat dari reseksi paru (sampel) akan dikirim ke dokter spesialis patologi, kemudian sampel jaringan tumor itu akan diperiksa oleh ahli patologi, untuk memastikan apakah tumor itu telah sepenuhnya diangkat. Jika masih ada sel kanker yang tersisa, itu berarti tumor masih belum sepenuhnya terangkat. Dan hasil ini menentukan tindak lanjut dari terapi dan operasi pasien. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share

Video Popular