Sebuah perusahaan di India meluncurkan smartphone yang diklaim paling murah sedunia, smartphone yang bernama freedom 251 ini hanya dibanderol 251 Rupee atau sekitar Rp. 50,000,- per unit. Smartphone ini mendapatkan permintaan yang besar dalam satu jam pertama penjualannya, namun, beberapa analis curiga ini adalah sebuah strategi harga dari perusahaan.

Melansir laman BBC, India adalah pasar ponsel terbesar kedua di dunia, terdapat sekitar 1 miliar pengguna ponsel. Smartphone Freedom 251 yang dirilis perusahaan Ringing Bells ini membidik pasar yang telah didominasi oleh pasar ponsel muah.

Smartphone Freedom 251 ini punya kapasitas penyimpanan hingga 8 GB dan dual camera di depan dan belakang, ponsel ini mirip dengan iPhone 4, dilengkapi dengan tombol Home dan berbagai ikon. “Ini adalah model unggulan kami, dan kami percaya akan membawa sebuah revolusi dalam industri”, khususnya industri smartphone,” kata jubir perempuan perusahaan terkait seperti dikutip AFP.

Kamis pagi (17/2/2016), smartphone ini mulai menerima pesanan, namun, beberapa jam kemudian, perusahaan terpaksa menghentikan menerima pesanan, karena permintaan yang sangat besar, situs Web perusahaan di klik 600.000 kali per detik, imbasnya situs perusahaan menjadi lumpuh.

Menurut pernyataan Ringing Bells, smartphone ini akan diproduksi di negara setempat, dan berjanji barang sudah bisa dikirim dalam waktu empat bulan. Sebelumnya perusahaan tersebut pernah mengatakan bahwa biaya smartphone ini sekitar 500 rupee atau sekitar Rp. 98,000,-, karena itu, beberapa kritikus mempertanyakan harga dari ponsel ini, mengatakan bahwa harganya jauh lebih rendah dari dari biaya produksi, distribusi dan pemasaran ponsel.

Kepada Reuters, analis dari Counterpoint Technology Research, Amerika Serikat, Tarun Pathak mengatakan, bahwa ini sepertinya hasil dari subsidi perusahaan, dan tidak jelas bagaimana mempertahankan (harga). Terbetik berita, bahwa Asosiasi Telepon Selular India juga mengirimkan surat kepada menteri telekomunikasi negara tersebut, Ravi Shankar Prasad mengatakan bahwa harga jual smartphone 3G apapun yang jauh lebih rendah dari 2700 Rupee itu (sekitar Rp.530 ribu) adalah mustahil.

Sementara itu, media lokal di India menyebutkan, bahwa Ringing Bells baru didirikan beberapa bulan lalu, dan baru-baru ini meluncurkan ponsel 4G termurah, dengan harga dibanerol sekitar 2999 Rupee atau sekitar Rp.590.000.  (Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular