Nissan Jepang Ciptakan Kursi Pintar Bisa Berjalan Sendiri

683

Beberapa tahun terakhir ini, Nissan Motor Co. Jepang berupaya mengembangkan teknologi parkir mobil otomatis, baru-baru ini perusahaan tersebut menerapkan teknologi terkait pada kursi kantor, sehingga terciptalah kursi pintar yang bisa secara otomatis mencari posisi “parkir” sendiri, untuk mengoperasikannya, anda cukup menepukkan tangan, maka kursi yang semula berantakan di dalam ruangan itu bisa dengan patuh kembali ke tempatnya masing-masing, sekilas tampak sangat mengesankan.

Beberapa waktu lalu, Nissan Motor Co. merilis teaser video Intelligent Parking Chair, menunjukkan teknologi parkir otomatis yang diterapkan pada kursi kantor. Dari tayangan video, tampak terlihat kursi-kursi pintar itu kembali ke posisinya masing-masing ketika mendengar suara tepukan seseorang, dengan adanya kursi pintar ini tidak perlu merapikan kursi-kursi yang berantakan di kantor dengan tenaga manusia.

Kursi yang bernama Okamura ini mengandalkan sensor yang terletak pada dinding, dan dikontrol secara langsung melalui koneksi Wi-Fi. Selain itu juga terdapat empat kamera yang ditempatkan di langit-langit ruangan yang dapat menghasilkan pemandangan mata yang luas dan secara nirkabel (wireless) mengirimkan posisi dan jalur kursi ke tempatnya masing-masing.

Juru bicara Nissan mengatakan, ini adalah cara yang menarik untuk menunjukkan teknologi yang ditanamkan  pada kendaraan. Namun, untuk saat ini, Nissan belum berencana meluncurkan kursi pintar ini ke pasar, demikian keterangan juru bicara Nissan kepada media ABC.

Sehubungan dengan desain inovatif ini, beberapa netizens berkomentar bahwa manusia sekarang sedang menuju ke arah menjadi sosok pemalas dengan kecepatan yang fantastis, kini semuanya serba otomatis ; sementara netizens lainnya berkomentar sambil tersenyum, apa yang akan terjadi jika ada yang sedang membuat laporan, sementara lainnya bertepuk tangan. (Epochtimes/Jhon/asr)