Pernahkah Anda pergi ke pasar untuk membeli sebotol susu dan kembali dengan tas yang penuh belanjaan? Dan pernahkah Anda juga membeli tiga barang yang dijual, padahal Anda hanya memerlukan satu buah saja ? Dan jika kebiasaan ini, tidak segera Anda rubah, Anda kemungkinan dapat berubah menjadi seorang konsumtif, yang menghalangi tujuan menabung Anda.

Berikut, beberapa tips untuk mengubah kebiasaan dalam berbelanja Anda.

Tidak membawa kartu kredit saat berbelanja

Hindari membawa kartu kredit, setiap kali Anda pergi berbelanja. Dengan menggunakan uang tunai, membuat Anda lebih menyadari berapa banyak biaya yang Anda keluarkan, setiap kali berbelanja, sehingga dapat mengubah kebiasaan berbelanja akan barang, yang mungkin tidak Anda perlukan.

Jangan belanja saat merasa lapar

Belanja saat lapar tidak hanya membuat Anda membeli lebih banyak bahan makanan, itu juga akan membuat Anda menghabiskan lebih banyak di toko-toko lain, menurut penelitian University of Minnesota.

Membuat daftar belanja

Buat daftar belanja sebelum pergi ke mal, dan menaatinya. Bahkan tidak berjalan ke toko-toko yang tidak terdapat item pada daftar Anda.

Berbelanja sendiri

Jika Anda pergi berbelanja dengan pasangan, anak-anak dan teman-teman, maka Anda mungkin dapat menghabiskan lebih banyak uang,dari dibandingkan jika Anda berbelanja sendiri.

Jika Anda ingin bersosialisasi, pergi untuk berjalan-jalan atau minum kopi dengan teman-teman; jangan berbelanja.

Berhenti berlangganan situs belanja online

Jika Anda pernah membeli sesuatu secara online, kemungkinan Anda menerima email yang mencoba menawarkan barang lebih banyak. Berhenti berlangganan dari milis untuk mengurangi godaan untuk berbelanja secara impulsif.

Catatan belanja

Selama sebulan, tuliskan semua daftar belanja Anda dan tandai setiap label belanjaan dengan “ingin” atau “kebutuhan” . Ini akan membuat Anda menyadari bagaimana Anda mengeluarkan – memboroskan- uang Anda.

Melihat-lihat etalase toko 

Jika Anda suka berjalan-jalan di mal sambil melihat-lihat barang di balik etalase dan membayangkan diri Anda dalam jaket yang dipamerkan dalam etalase, melakukannya setelah toko telah ditutup atau sebelum mereka buka. Dengan cara itu Anda akan berbahaya dapat berfantasi tentang membeli item tanpa risiko anggaran Anda.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular