Suetsugu Kenji, seorang profesor di Kobe University, Jepang, menemukan spesies tumbuhan parasit baru di Pulau Yakushima.

Kenji mengumpulkan sebuah spesimen sembari melakukan survei di hutan dataran rendah di pulau tersebut dan melakukan pemeriksaan yang kemudian mengungkapkan bahwa spesies bernama Sciaphila yakushimensis, yang dinamai berdasakan tempat penemuannya, adalah sebuah tumbuhan parasit.

Tumbuhan ini terkait dengan Sciaphila japonica dari keluarga Triuridaceae, namun tampaknya ia menjadi spesies yang berbeda karena beberapa pengamatan termasuk bagian-bagian di atas tanah adalah berwarna ungu gelap (sedangkan Sciaphila japonica berwarna merah muda).

Kenji mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kehadiran spesies ini merupakan bukti dari jaringan tersembunyi dari hubungan simbiosis antara jamur dan akar (mikoriza) yang ada di hutan primer dataran rendah.

“Penemuan Sciaphila yakushimensis, yang dipelihara oleh jamur dan hutan kaya nutrisi dimana ia tumbuh, seharusnya membuat kita menegaskan kembali nilai hutan purba dataran rendah Yakushima,” kata Kenji.

Penelitian baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Biology Jepang. (Epochtimes/Osc/Yant)

Share

Video Popular