Erabaru.net. Sebuah rekomendasi bagi mereka yang ingin menjaga pikiran mereka tetap sehat hingga usia tua, yakni mulai sekarang Anda dapat menambahkan cokelat ke dalam daftar makanan Anda.

Hasil dari sebuah studi skala besar menemukan bahwa asupan flavanol dari cokelat berkontribusi untuk perlindungan terhadap penurunan kognitif yang berhubungan dengan semakin bertambahnya usia, menurut tim peneliti dari University of South Australia.

“Asupan positif pada cokelat terkait dengan kinerja kognitif,” tegas para peneliti.

Hubungan antara konsumsi cokelat dan kebugaran mental masih signifikan bahkan setelah faktor seperti LDL-kolesterol, kadar glukosa, dan hipertensi, serta kesehatan jantung, menjadi bahan kontrol dalam studi, yang melakukan penelitian terhadap 968 orang di Syracuse, New York.

Tes kebugaran mental mengukur berbagai fungsi kognitif, termasuk memori visual-spasial dan pengorganisasian, scanning dan pelacakan, memori episodik verbal, dan memori kerja.

Konsumsi cokelat yang lebih sering terkait dengan kebugaran mental yang lebih baik di berbagai domain, bahkan setelah mempertimbangkan perbedaan diet lainnya yang dilakukan oleh para subjek penelitian.

Ini bukanlah studi pertama yang menunjukkan hubungan antara makan cokelat dan kebugaran mental, meskipun studi sebelumnya hanya dilakukan secara jangka pendek.

Sebuah studi pada 2007 yang dilakukan oleh University of Nottingham, Inggris menemukan bahwa terjadi peningkatan aliran darah ke daerah kunci di otak selama 2-3 jam setelah subjek penelitian meminum minuman cokelat yang kaya flavanol.

Selain itu studi pada 2013 dari Harvard Medical School, AS menemukan bahwa konsumsi cokelat panas membantu memperbaiki gangguan aliran darah ke otak bagi para orangtua yang memiliki demensia (penurunan fungsi otak). (Epochtimes/Osc)

Share

Video Popular