JAKARTA – Posko BNPB telah menerima informasi dari BMKG bahwa peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa 7.8 SR, pada 2 Maret 2016 pukul 19:49:47 WIB, dinyatakan telah berakhir. Keadaan masyarakat di Sumatera Barat khususnya di Mentawai dalam kondisi aman.

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho BNPB menerima pencabutan peringatan tsunami pada 2 Maret 2016 pukul 22.34 Wib. Dengan demikian, BNPB menyatakan masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dengan tenang. “Tidak perlu takut dan kondisi aman,” ujarnya.

Catatan BNPB, gempa yang terjadi di barat daya Mentawai itu hanya menyebabkan adanya tsunami yang terdeteksi di Pulau Cocos setinggi 10 cm pada pukul 21.15 WIB. Tsunami lainnya yang terdeteksi berada di Padang setinggi 5 cm pada pukul 21.40 WIB.

Posko BNPB telah dapat berkomunikasi dengan BPBD Mentawai dengan radio komunikasi. Dilaporkan bahwa kondisi masyarakat aman. Masyarakat telah berada di tempat-tempat yang aman. Madyarakat di Sikakap, Pagai Selatan, Sipora, Siberut dan Kepulauan Mentawai lain dalam kondisi aman dan mengungsi di tempat yang tinggi. (asr)

Share

Video Popular