Seorang warga Rusia menghadapi tuntutan  satu tahun penjara karena mengatakan “tidak ada Tuhan” selama argumen di media sosial, pengacaranya mengatakan Rabu kemarin.

Viktor Krasnov juga menulis “Alkitab adalah kumpulan dongeng Yahudi” dalam diskusi di situs jejaring sosial Eropa Vk.com pada tahun 2014, pengacara dan aktivis hak asasi manusia, Pavel Chikov, telah memposting di halaman Facebook-nya.

Menurut pengacaranya, Krasnov, yang kini postingan-postingan miliknya yang menyinggung telah dihapus, sedang diadili di kota kelahirannya Stavropol di Rusia selatan, menurut situs hakim setempat. Tuduhan itu diajukan pada musim gugur 2015 dan sidang dimulai pada hari Senin.

Komite Investigasi Rusia – setara dengan FBI – memberikan tuntutan pada Krasnov dengan tuduhan  “menyinggung perasaan orang yang mempunyai keyakinan”.

“Saya tidak tahu bagaimana Anda dapat mengobati posting jejaring sosial secara serius,” NBC megutip pernyataan Krasnov. “Sepertinya kita perlu undang-undang untuk melindungi perasaan ateis ‘juga.”

Kini puluhan pengguna internet menghadapi ancaman pidana untuk kegiatan online mereka dalam beberapa tahun terakhir di Rusia, sejak diturunkannya tingkat kebebasan menjadi  “non-free” untuk pertama kalinya oleh pengawas hak kebebasan pada tahun 2015. (ran)

Share

Video Popular