Oleh: Huang Xiao Yu

Dalam beberapa tahun terakhir, para astronom menemukan beberapa quasar atau bintang semu di alam semesta tiba-tiba menghilang secara misterius tanpa meninggalkan jejak. Melansir laman Skyandtelescope baru-baru ini, para astronom mencatat bahwa sinyal pengamatan terhadap quasar SDSS J1011 + 5442 selama tiga belas tahun itu telah lenyap tak berbekas, dan sebabnya pun tidak diketahui.

Hal yang membuat astronom terkejut adalah, masih banyak bintang semu atau quasar yang terang seperti SDSS J0159 + 0033 dan quasar yang redup seperti Mrk 590, Mrk 1018, NGC 7603 dan quasar lainnya yang hilang secara misterius. Posisi semula mereka di angkasa sekarang tidak lagi memancarkan sinyal apapun, digantikan oleh citra spektral dari galaksi biasa.

Sebabnya tidak diketahui

Laporan terkait mengatakan, selama ini quasar dipandang sebagai cerminan dari lubang hitam oleh komunitas astronomi, terutama quasar seperti SDSS J1011 + 5442. Sinyal yang dipancarkannya menunjukkan mereka adalah lubang hitam super dengan massa lebih dari 50 juta kali massa matahari.

“Para ilmuwan telah menganalisis sebab-sebab hilangnya bintang semu yang aktif ini, namun menurut mereka sulit untuk menjelaskan cepatnya perubahan lubang hitam supermasif yang awalnya aktif ini menjadi statis”, pungkas ilmuwan.

Adapun mengenai hilangnya sinyal lain, sebabnya mungkin karena terhalang oleh awan dan debu angkasa. Namun, lubang hitam supermasif atau quasar ini tidak akan dengan begitu mudahnya ditutupi sepenuhnya oleh gumpalan kecil awan debu. Quasar-quasar ini perlu waktu delapan ratus tahun baru tidak akan memancarkan sinyal lagi, tidak akan hilang begitu saja dalam waktu singkat selama beberapa dekade.

“Lagi pula banyak quasar (atau lubang hitam) seperti ini hilang secara misterius di angkasa,” kata Jessie Runnoe, ilmuwan dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat.

Saat ini, para astronom masih terus memantau ruang semula keberadaan quasar-quasar ini, dengan harapan dapat menemukan sebab yang dapat dijelaskan. (Epochtimes/ joni/rmat)

 

 

Share

Video Popular