Wi-Fi adalah gelombang radio, dan banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan. Namun sinyal Wi-Fi yang kuat dapat memberikan kinerja yang lebih cepat dan jarak jangkauan yang lebih baik, jadi penting untuk memosisikan router Anda dengan tepat agar kekuatan sinyal optimal. Disini akan ditunjukkan caranya dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Mengarahkan Antena

Router umumnya memiliki antena fisik yang disesuaikan. antena sering mengarah horizontal agar sesuai dengan router di dalam kotaknya. Untuk kekuatan sinyal yang maksimal, arahkan antena router Anda secara vertikal, mengarah lurus ke atas. Jika Anda memiliki dua antena, Anda tidak akan mendapatkan kinerja yang lebih baik dengan mengarahkan mereka ke arah yang berbeda.

Memosisikan Router dengan Benar

Pertimbangkan di mana Anda meletakkan router Anda. Jika Anda memiliki rumah besar atau kantor, tempatkan router di tengah untuk memaksimalkan cakupan jangkauan. Jika Anda menempatkan router di salah satu ujung bangunan, Anda mungkin memiliki sinyal yang lemah (atau tidak) pada akhirnya. Hal lain perlu diingat bahwa jika Anda sudah memposisikan router Anda di salah satu ujung rumah Anda dan kekuatan sinyal hanya kuat di sisi yang lain, Anda tidak perlu untuk memindahkannya.

Untuk memperoleh cakupan yang maksimum, router juga harus tinggi. Menempatkannya di lantai adalah lokasi terburuk – tempatkan di rak yang tinggi, jika memungkinkan.

Jangan letakkan router pada atau dekat benda logam besar, seperti rak logam atau lemari arsip. Ini dapat memblokir sinyal. Logam atau dinding batu juga dapat memblokir Wi-Fi, sementara dinding kayu dan plester tidak akan menimbulkan masalah.

Anda mungkin bisa menghilangkan gangguan dari sumber lain. Sebagai contoh: oven microwave, telepon nirkabel 2,4 GHz, dan monitor-monitar 2,4 GHz  lainnya, semua memiliki potensi untuk mengganggu sinyal Wi-Fi.

Banyak dialami sinyal Wi-Fi untuk laptop mati setiap kali oven microwave dihidupkan. Oven microwave adalah penghalang langsung dalam garis yang sejajar antara laptop dengan router. Solusinya? Pindahkan salah satu dari mereka sehingga microwave tidak berada di antaranya.

Jika Anda mendapatkan hambatan dari telepon nirkabel, Anda bisa mengganti telepon nirkabel 5,8 GHz, dengan begitu jalur frekuensinya akan berbeda dengan Wi-Fi sehingga tidak menyebabkan mengganggu.

Memilih Channel Wi-Fi Terbaik

Jika Anda berada di daerah dengan banyak jaringan Wi-Fi yang berbeda – seperti sebuah kompleks apartemen atau bahkan hanya sebuah rumah yang saling berdekatan satu sama lain,  jaringan Wi-Fi tetangga mungkin dapat mengganggu kepunyaan Anda.

Untuk meminimalkan hal tersebut, pindahkan router Anda lebih jauh dari titik akses Wi-Fi lainnya, jika Anda bisa. Misalnya, jika Anda berada di sebuah apartemen dan menempatkan router di sudut ruangan Anda, router tetangga Anda mungkin juga berada di tempat yang sama namun di sisi lain dinding.

Tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah beralih ke saluran Wi-Fi yang berbeda. Anda dapat mengakses pilihan lain pada halaman pengaturan router Anda – pelajari instruksi manual router Anda tentang cara untuk melakukan hal tersebut. (Jika Anda tidak memiliki instruksi manual, Anda dapat menemukan petunjuknya secara online.) Cari pilihan saluran Wi-Fi di halaman web dari router yang Anda miliki dan mengubahnya ke saluran yang berbeda yang mengatasi gangguan sinyal.

Mungkin butuh sedikit eksperimen untuk menemukan yang terbaik, tetapi Anda bisa mendapatkan bantuan memilih saluran Wi-Fi menggunakan aplikasi Analyzer Wi-Fi untuk ponsel Android dan tablet, yang akan memantau jaringan Wi-Fi di dekat Anda dan merekomendasikan setidaknya – cluttered Wi-Fi channel untuk jaringan Anda. Sayangnya, aplikasi serupa tidak tersedia untuk iPhone atau iPad karena keterbatasan Apple pada pengembang aplikasi.

Itu saja, semua yang benar-benar Anda harus lakukan adalah memosisikan router Anda dengan baik dan memilih saluran Wi-Fi yang ideal untuk mengoptimalkan jaringan Anda. Tentu saja, membeli router baru yang mendukung untuk meningkatkan standar Wi-Fi juga dapat menawarkan kekuatan sinyal dan meningkatkan kecepatan. (ran)

Share

Video Popular