Penyakit Umum Autoimun

707
Ilustrasi.

Setiap manusia dilahirkan dengan membawa sistem kekebalan tubuh, namun mayoritas kekebalan kita diperoleh melalui paparan berbagai patogen seiring dengan bertambahnya usia. Sistem kekebalan tubuh yang sehat, dapat membedakan patogen dari jaringan tubuh sendiri, tetapi ketika terjadi kekacauan, sistem kekebalan tubuh akan menyerang jaringan tubuh, fenomena ini disebut sebagai penyakit autoimun.

Kini telah terdeteksi lebih dari 80 jenis penyakit autoimun yang diakui.

Gejala penyakit autoimun bervariasi, namun pada umumnya kelelahan sistemik tanpa sebab yang jelas, merasa tidak sehat meskipun Anda sudah cukup beristirahat, demam berkepanjangan, nyeri sendi, dan ruam-ruam.

Berikut adalah beberapa contoh penyakit autoimun.

Penyakit addison

Bagian tubuh yang diserang: Kelenjar adrenal.

Gejala Umum: Diare kronis, mual, dan muntah, kulit terdapat bercak gelap, dehidrasi, pusing, pucat, sangat lemah, luka didalam pipi, ketagihan garam, kehilangan berat badan diiringi menurunnya nafsu makan .

Penyakit celiac

Bagian tubuh yang diserang: Usus kecil.

Gejala Umum: Sakit di perut, kembung, buang angin, atau salah cerna, sembelit, diare, mual dan muntah, tinja berbau busuk dan abnormal.

Diabetes

Bagian tubuh yang diserang: Pankreas.

Gejala Umum: kehausan atau kelaparan yang ekstrim, kelelahan yang konstan, penglihatan kabur, mati rasa atau kesemutan di kaki, kehilangan berat badan, sering buang air kecil, bau napas.

Dermatomiositis

Bagian tubuh yang diserang: Otot.

Gejala Umum: Otot lemah, kaku atau sakit masalah menelan, warna ungu pada kelopak mata bagian atas, ruam di wajah merah keunguan, napas pendek.

Penyakit kuburan (grave)

Bagian tubuh yang diserang: Kelenjar tiroid.

Gejala Umum: Insomia, mudah emosi, kehilangan berat badan, sensitivitas panas, berkeringat, rambut rapuh, otot lemah, periode menstruasi sedikit, mata menonjol, tangan gemetar.

Tiroid hashimoto

Bagian tubuh yang diserang: Kelenjar tiroid.

Gejala Umum: Kelelahan, berat badan bertambah, sensitif terhadap flu, nyeri otot, persendian kaku, wajah bengkak, sembelit.

Multiple sderosis

Bagian tubuh yang diserang: Sistem saraf pusat.

Gejala Umum: Lemah, bermasalah dengan koordinasi, keseimbangan, penglihatan, berbicara dan berjalan; lumpuh; gemetar; mati rasa atau kesemutan di lengan, kaki dan tangan.

Pernicious anemia

Bagian tubuh yang diserang: Beberapa protein tertentu atau lapisan sel perut.

Gejala umum: diare atau sembelit, lemah, kekurangan energi, atau kepala berputar saat berdiri atau saat mengerahkan tenaga, kehilangan nafsu makan, pucat, bermasalah dengan konsentrasi, napas pendek .

Rheumatoid arthritis (radang sendi)

Bagian tubuh yang diserang: Persendian, paru-paru, jantung, organ lainnya.

Gejala umum: Persendian nyeri, kaku, bengkak dan berubah bentuk, fungsi dan gerakan berkurang

Scleroderma

Bagian tubuh yang diserang: Kulit, kemungkinan ginjal, paru-paru, jantung, dan saluran pencernaan

Gejala umum: Jari-jari, jari kaki berubah menjadi putih, merah, atau biru saat; merespon panas dan dingin, kulit menebal, kulit mengkilap pada tangan dan lengan bawah, kulit wajah kencang; seperti memakai masker, luka pada jari tangan atau kaki, bermasalah dalam menelan, kehilangan berat badan, diare atau sembelit, napas pendek

Systemic lupus erythematosus

Bagian tubuh yang diserang: Kulit, persendian, ginjal, otak, jantung, paru-paru.

Gejala umum: dada nyeri; Letih; demam tanpa sebab, ketidaknyamanan menyeluruh, kegelisahan, atau perasaan sakit (malaise), rambut rontok, luka di mulut, sensitif terhadap matahari, ruam kulit yang paling sering terlihat di pipi dan kelenjar getah bening hidung membengkak. (Epochtimes/Ajg/Yant)