Teknik Pernapasan untuk Tingkatkan Stamina (4)

1029
Ilustrasi.

Tahukah Anda bahwa kesehatan dan kebugaran dapat ditingkatkan hanya dengan belajar bernapas dengan benar. Bernapas dengan benar akan mengoptimalkan oksigenasi ke otot dan organ internal. Perrnapasan yang benar juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan.

Meningkatkan CP dengan latihan perrnapasan Buteyko sederhana

Langkah pertama untuk meningkatkan CP adalah belajar bagaimana melegakan saluran hidung dengan mengikuti latihan menahan napas. Sementara latihan ini merupakan latihan sangat aman bagi sebagian besar orang. Jika Anda memiliki masalah dengan jantung, tekanan darah tinggi, sedang hamil, memiliki diabetes tipe-1, serangan panik, atau masalah kesehatan yang serius, maka jangan menahan napas lebih lama saat desakan untuk bernapas pertama kali timbul.

Latihan berikut ini sangat efektif untuk mengurangi hidung tersumbat hanya dalam beberapa menit. Ulangi latihan berikut beberapa kali berturut-turut, tunggu sekitar 30 sampai 60 detik di antara tiap-tiap putaran. Dan lakukan latihan secara teratur. Jika Anda memiliki masalah hidung tersumbat, mungkin akan berkurang setelah enam putaran atau bahkan kurang.

  • Duduk tegak.
  • Ambil napas kecil melalui hidung, jika memungkinkan, keluarkan napas kecil. Jika hidung agak tersumbat, ambil napas kecil melalui sudut mulut.
  • Jepit hidung dengan jari dan tahan napas. Pastikan mulut tetap terkatup.
  • Mengangguk atau menggoyangkan tubuh dengan lembut hingga merasa tidak bisa menahan napas lagi. (Tahan napas Anda sampai ada keinginan yang kuat untuk bernapas)
  • Bila Anda perlu bernapas, bukalah hidung dan bernapas dengan lembut melaluinya, dengan mulut tertutup.
  • Tenangkan napas Anda sesegera mungkin.
  • Bernapas yang benar adalah cara sederhana dan murah untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Apakah Anda tengah mencari cara untuk meningkatkan performa beratletik, umur panjang dan kualitas hidup, apnea tidur (gangguan tidur yang kronis), atau kecemasan, maka metode pernapasan Buteyko bisa menjadi pilihan yang ampuh dan murah. Untuk mempertimbangkannya metode pernapasan Buteyko menjadi bagian dalam gaya hidup Anda, dan ketika siap, masukan juga ke dalam latihan harian Anda. Hanya perlu diingat agar maju secara perlahan dengan olahraga dan mengurangi waktu yang mengandalkan pernapasan mulut secara bertahap.

Perlu diingat juga bahwa untuk meningkatkan CP dari 20 menjadi 40, maka latihan fisik diperlukan. Mungkin Anda memulainya dengan hanya mengandal satu lubang hidung yang terbuka. Kemudian, seiring dengan CP meningkat, mulailah menggabungkannya dengan olahraga jogging, bersepeda, berenang, angkat beban, atau apa pun untuk membangun kekurangan udara.

Aturan praktisnya adalah tidak memaksakan diri ke titik di mana Anda tidak dapat bertahan menggunakan pernapasan hidung. Jika Anda merasa perlu bernapas melalui mulut, maka intensitas latihan diperlambat dan memulihkan kondisi. Hal ini bisa membantu tubuh agar secara bertahap mengembangkan toleransi dalam meningkatkan CO2, dan jika Anda terus bertahan, maka kondisi yang diharapkan akan cepat terjadi. (Ajg/Yant)

Selesai