Mouse Komputer Anda Dapat Mengundang Para Hacker

2873
hacker komputer
Ilustrasi (Photo: REUTERS/Kacper Pempel).

Jika Anda berpikir sedang menderita flu, Anda tahu bahwa Anda merasa sengsara, tetapi Anda tidak memiliki petunjuk bagaimana itu bisa terjadi.  Anda dapat tertular flu dari orang terdekat yang berdiri di samping Anda atau memutar gagang pintu yang mereka telah sentuh.

Hal Itu mirip dengan bagaimana virus di udara menginfeksi sistem komputer dengan malware. Virus ini menyebar melalui koneksi Wi-Fi, dari satu komputer ke komputer lain.

Itulah yang terjadi dengan virus yang dapat ditularkan melalui miliaran keyboard dan mouse nirkabel komputer. Menurut perusahaan cybersecurity Bastille, melaporkan bahwa perangkat nirkabel yang tidak menggunakan koneksi Bluetooth beresiko menyebarkan virus MouseJack.

Semua yang dibutuhkan oleh seorang hacker untuk masuk ke komputer Anda adalah dongle seharga $15 dan beberapa baris code computer. Hacker memotong frekuensi radio komputer Anda dengan dongle ini. Dongle adalah perangkat kecil yang dapat dihubungkan ke dan digunakan dengan komputer, terutama untuk memungkinkan akses ke broadband nirkabel atau penggunaan perangkat lunak yang dilindungi.

Berikut adalah cara kerjanya. Bila Anda menggunakan keyboard atau mouse nirkabel, Anda memiliki dongle yang mendengarkan frekuensi radio. Ketika Anda mengetik sesuatu atau memindahkan mouse, dongle mengambil pesan itu dan membuat tindakan yang tepat.

Hacker mencegat frekuensi radio menggunakan gelombang ISM 2.4GHz. Tidak seperti Bluetooth, tidak ada standar industri untuk melindungi perangkat Anda. Jadi, para produsen membuat sistem keamanan mereka sendiri, jika mereka memilikinya.

Kerentanan ini mempengaruhi PC Windows, Mac dan Linux. Hal ini juga mempengaruhi beberapa jenis keyboard dan mouse nirkabel komputer, termasuk Dell, Lenovo dan Logitech.

Setelah hacker berada di dalam, mereka mendapatkan akses penuh ke komputer Anda, meskipun mereka harus berada dalam jarak sekitar 100 meter dari Anda. Mereka dapat mengambil alih komputer Anda dan menginfeksi dengan malware.

Lindungi perangkat Anda. Untuk mengetahui apakah perangkat Anda berisiko, bisa dilihat di daftar Bastille untuk perangkat yang terkena dampak. Jika perangkat nirkabel Anda berisiko, hubungi produsen, dan menanyakan apakah telah dipasang firmware, suatu software permanen yang diprogram oleh produsen dan hanya bisa terbaca dalam memori. Kebanyakan perangkat akan memiliki kemampuan untuk ditingkatkan atau diperbaiki dari jarak jauh, dengan men-download firmware atau perangkat lunak baru.

Jika tidak memiliki firmware, segera beralihlah ke keyboard atau mouse nirkabel yang terhubung melalui Bluetooth. Dan selalu pastikan Anda menggunakan sistem keamanan internet yang kuat. (ran)