Oleh: Yuan Bin

Kemarin penulis membaca sebuah berita di website, data yang ditunjukkan oleh statistic kematian akibat kanker paru-paru pada 2012 di provinsi Hebei Tiongkok yang dikeluarkan oleh kantor pencatatan penyakit tumor pada lembaga riset penyakit tumor bahwa selama 40 tahun ini, prosentase kematian akibat kanker paru-paru telah meningkat sebesar 306%! Melompat menduduki peringkat pertama dalam kematian akibat tumor.

Hari ini dari lingkungan pertemanan, lagi-lagi telah membaca berita, bahwa data yang ditunjukkan oleh Ministry of Public Health Tiongkok Komunis, tingkat kemungkinan warga di daratan Tiongkok dalam hidupnya akan terserang penyakit berat mencapai 72,18%. Lebih 1/3nya akan menderita kanker, dalam 10 orang lelaki sehat 3 orang diantaranya akan menderita penyakit berat sebelum berusia 65 tahun, dalam 10 orang wanita sehat 2 orang diantaranya akan menderita penyakit berat pada usia sebelum 65 tahun, penyakit berat telah menjadi pembunuh nomer satu yang mengancam kesehatan di RRT, bahkan prosentase kemungkinan terserang penyakit berat meningkat secara terus menerus.

Mengenang 30 tahun silam, di sekitar lingkungan Anda dapat dikatakan jarang sekali yang terkena penyakit kanker. Pada masa itu penyakit kanker merupakan ungkapan yang cukup langka, tidak disangka 30 tahun kemudian telah menjadi suatu hal yang lumrah. Menurut apa yang penulis alami sendiri, handai taulan yang ada di RRT beberapa tahun ini yang menderita penyakit kanker tidak sedikit. Sebenarnya bukan hanya penyakit kanker, bermunculan bermacam-macam penyakit yang aneh-aneh, termasuk penyakit yang tidak bisa dideteksi di rumah sakit juga semakin banyak!

Teringat dua tahun yang lalu Jack Ma (nama asli: Ma Yun 馬雲), Presiden merangkap CEO Alibaba Group dalam pertemuan tahunan para pengusaha RRT yang ke 13 mengatakan dalam pidatonya, “Kami percaya 10 tahun yang akan datang terdapat 3 kanker utama akan mengganggu setiap keluarga yaitu: kanker hati, kanker paru-paru dan kanker lambung. Kanker hati/liver, sangat besar kemungkinannya disebabkan oleh air. Kanker paru-paru disebabkan oleh udara. Kanker lambung, disebabkan oleh makanan. Banyak sekali orang bertanya kepada saya apa yang membuat Anda tidak dapat tidur, Alibaba Taobao belum pernah membuatku tidak dapat tidur, yang membuatku tidak dapat tidur adalah air kita tidak dapat diminum, makanan kita sudah tidak dapat dimakan, anak-anak kita sudah tidak dapat mengkonsumsi susu, saat itu saya benar-benar sudah tidak dapat tidur.”

Jack Ma adalah kapitalis merah tersohor di RRT, banyak mengucapkan kata-kata klise para pejabat, bahkan berbohong bagi mereka, namun kata-katanya kali ini justru positif. Membubungnya penyakit kanker benar-benar merupakan dampak sangat buruk yang sudah semestinya karena perusakan besar-besaran lingkungan hidup di Tiongkok, sedangkan lingkungan hidup di Tiongkok mengalami perusakan besar-besaran adalah dampak buruk yang sudah semestinya dari peningkatan ekonomi gaya bunuh diri secara besar-besaran, terhadap hal ini masyarakat sudah semakin jelas mengenalinya.

Menurut data statistik Departemen Kesehatan Partai Komunis Tiongkok/ PKT, biaya warga RRT dalam mengobati penyakit parah rata-rata adalah 100 ribu Yuan, lagi pula setiap tahun meningkat secara terus-menerus 10%~20%. Sekitar 20 tahun belakangan ini, biaya pengobatan di RRT telah meningkat 28 kali lipat. Tidaklah aneh ada komentator yang mengatakan, 80% warga RRT akan menyerahkan seluruh tabungannya kepada rumah sakit beberapa bulan sebelum meninggal dunia, dan akhirnya tetap dengan hati tidak rela akan berangkat ke alam baka!

Tak perduli sepandai apapun Anda mengumpulkan uang, ketika Anda sakit dan masuk rumah sakit, Anda akan menemukan bahwa pada waktu itu uang adalah bagaikan “kertas using.” Sedangkan rumah sakit bagaikan “mesin penghancur kertas.” Uang telah Anda kumpulkan dengan susah payah selembar demi selembar, namun setelah sampai di rumah sakit uang Anda dikeluarkan segebok demi segebok, sungguh terlalu menakutkan.

Serupa dengan ini, sejalan dengan lagu mars meningkatnya GDP dengan pesat, seluruh pengeluaran penanganan lingkungan termasuk bidang pengobatan dan berbagai bidang lainnya juga bertumbuh pesat bagaikan menggelindingnya bola salju. Dengan kata lain, di satu pihak adalah peningkatan GDP secara terus menerus. Di sisi lain harus terus menerus pula menebusnya dengan pembayaran kenaikan yang setinggi ini, lagi pula peningkatan semakin cepat penebusan pembayarannya juga semakin besar. Peningkatan yang besar ini bila tidak direm, maka gerbong kereta RRT ini dapat segera jatuh ke dalam jurang, kereta maupun orangnya semua akan binasa.

“Ada orang bertanya apakah cita-cita saya, harapan saya ialah, semoga 20 tahun yang akan datang langit di Tiongkok berwarna biru, airnya jernih dan udaranya bisa dihirup……. “ Demikian kata Jack Ma dalam pertemuan tahunan ke 13 pengusaha RRT.

Tak perduli berapa banyak uang yang Anda kumpulkan, pada saat Anda tidak dapat menikmati sinar sang surya, sesungguhnya merupakan dukacita yang sangat besar. Langit berwarna biru airnya jernih dan udaranya layak dihirup, sesungguhnya merupakan kebutuhan pokok manusia, sekarang ini justru telah menjadi cita-cita pengusaha besar RRT, “Apakah masih ada hal lain yang lebih menampar wajah “Mujizat Tiongkok?” (pur/whs/rmat)

Share

Video Popular