Erabaru.net. Makhluk mikroskopis dibekukan selama lebih dari 30 tahun telah berhasil hidup kembali dengan sukses bahkan berhasil bereproduksi.

Menurut laporan yang baru dipublikasikan dalam jurnal “Cryobiology”, hewan tersebut adalah tardigrade dengan panjang 1mm yang telah dikumpulkan dari sampel lumut beku di Antartika pada tahun 1983,

Japan National Institute of Polar Research telah menyimpan hewan berkaki 8 tersebut, dalam kondisi beku dengan suhu 4 derajad fahrenheit selama lebih dari 30 tahun.

Mereka dicairkan dan dua diantaranya telah hidup kembali, mereka yang juga dikenal sebagai beruang air atau babi lumut, di awal 2014.

Menurut BBC, salah satu dari mereka mati 20 hari sesudahnya selama dalam percobaan.

Namun temuan yang selamat berhasil bereproduksi bersama sepertiga tardigrade yang telah menetas dari telur beku. Dari 19 telur yang ada, 14 diantaranya berhasil bertahan.

Tardigrade, ditemukan hidup di dalam air di seluruh dunia, yang terkenal karena tangguh dan sebelumnya telah selamat beberapa hari setelah meledak di ruang angkasa.

Menurut surat kabar “The Asahi Shimbun” Jepang, metabolisme mereka mati dan mereka memasuki keadaan cryptobiotic ketika berhadapan dengan suhu rendah.

Rekor sebelumnya untuk tardigrade yang dapat bertahan dingin yang ekstrim adalah delapan tahun.

Menurut makalah yang baru dirilis tersebut menjelaskan bahwa penelitian kali ini memperluas kelangsungan hidup jangka panjang spesies tardigrade yang sudah diketahui sebelum ini.

Peneliti utama Megumu Tsujimoto mengatakan tim sekarang ingin “mengungkap mekanisme kelangsungan hidup jangka panjang dengan melihat ke dalam kerusakan DNA tardigrade dan kemampuan mereka untuk memperbaikinya”.

Tardigrade memiliki beberapa cara untuk dapat mengalahkan rekor bertahan dalam keadaan beku, namun, saat ini dipegang oleh cacing nematoda – yang mampu bertahan 39 tahun dalam kondisi beku sebelum dihidupkan kembali. (ran)

Share

Video Popular