Banyak orang sangat menggemari jenis perabotan rumah tangga berbahan kayu yang unik dan alami. Dan jenis kayu yang umum digunakan untuk membuat adalah jati, oak, maple, walnut, mahoni, dan sebagainya. Rumah yang dilengkapi dengan perabotan kayu, tentu dapat menambah nilai keindahan serta artistik tersendiri bagi pemiliknya.

Namun, perabotan kayu, membutuhkan banyak perawatan khusus terutama di musim panas. Hal ini dikarenakan terjadinyakenaikan suhu, sehingga dapat menyebabkan ketegangan serta keretakan pada lapisan kayu serta warna kayu yang makin memudar.

Berikut, beberapa cara terbaik untuk menjaga perabotan kayu dirumah Anda

1.Hindari terkena sinar Matahari langsung

Perabotan kayu memiliki sejumlah kelembaban di dalamnya. Ketika, perabotan kayu terkena sinar Matahari secara langsung, dapat menyebabkan kelembabannya menguap, sehingga beberapa bagian menjadi retak serta warna kayu yang memudar juga. Anda disarankan sebaiknya, juga tidak menempatkan perabotan kayu dalam jarak dekat dengan perapian.

2. Jangan direndam dalam air

Perendaman dapat merusak permukaan dari perabotan Anda. Anda dapat membersihkan permukaan perabotan kayu dengan dengan air sabun yang di campur air hangat, kemudian menggunakan sikat gigi untuk daerah yang sulit dan kain lembut untuk pembersihan akhir.

3. Gunakan tatakan dan taplak

Anda disarankan sebaiknya, menggunakan tatakan dan taplak,sebelum menempatkan sajian makanan atau minuman di atas meja kayu Anda.

4. Memberi lapisan pelindung

Ini adalah salah satu solusi yang paling penting untuk menjaga mebel kayu di musim panas. Anda dapat menerapkan pasta lilin yang lembut serta berkualitas tinggi, yang dapat mencegah perabotan kayu Anda dari kerusakan. Dengan menerapkan lapisan tipis secara langsung pada permukaan kayu dan biarkan selama 30 menit, kemudian gosok dengan sikat lembut. Dan lakukan satu kali lagi, setelah 1 jam kemudian untuk mendapatkan perabotan kayu yang indah nan bersinar.

5.Rutin membersihkan

Kotoran dan debu di furnitur membuat Anda gatal. Oleh karena itu, perlu sesering mungkin untuk membersihkan furnitur kayu Anda . Jika furniture Anda berlapis kain, vakum setiap minggu, untuk membersihkan debu yang tersembunyi dan mengganti bantal selimut secara teratur. Pertimbangkan ini antara solusi terbaik untuk menjaga mebel kayu di musim panas.

6. Hindari perabotan kayu dari hujan

Air hujan adalah penyebab dari terbentuknya jamur dan noda, yang menempel di permukaan perabotan kayu Anda. Jadi, selalu menyimpan furnitur kayu Anda di dalam rumah ketika musim hujan.

7. Mengambil tindakan yang cepat

Disarankan untuk meluangkan waktu merawat furnitur dengan baik.Hal ini penting adanya, karena mebel kayu dapat retak rambut dan warnanya sedikit rusak selama musim panas atau jika terbentur. Menggunakan semir sepatu berwarna dapat menyamarkan cacat kecil. Jangan lupa untuk menggunakan warna yang sama.(Anai)

Share

Video Popular