Sebagian besar orang mulai merasa terganggu dengan munculnya rambut putih atau uban di kepala, sehingga, mereka pun berupaya untuk menutupinya dengan menghabiskan banyak botol pewarna rambut, agar tidak terkesan tampak tua, namun, bagaimanapun juga itu hanyalah solusi sementara, tidak teratasi sampai ke akar-akarnya. Sekarang, para ilmuwan telah menemukan gen pengendali rambut putih. Dengan adanya penemuan ini bisa memungkinkan untuk dapat memperlambat atau bahkan mencegah rambut kita menjadi uban seiring bertambahnya usia, sehingga bisa mengurangi beban pikiran karena uban bagi mereka yang suka tampil cantik muda.

Demi mempelajari hubungan antara gen dengan warna rambut, beruban, kepadatan dan tingkat keikalan rambut, tim peneliti internasional yang dipimpin University College London, Inggris ini, telah mengumpulkan 6.630 sampel DNA relawan dari lima negara Amerika Latin untuk analisis.

Setelah membandingkan urutan DNA relawan, para peneliti menemukan bahwa gen yang disebut IRF4 yang terletak pada kromosom 6 ini disimpulkan menjadi gen yang mengatur rambut alami, kulit dan mata pigmen yang disebut melanin.

“Kami sudah tahu beberapa gen berhubungan dengan warna rambut dan kebotakan, namun, ini adalah kali pertamanya kita berhasil mengidentifikasi gen yang berhubungan dengan rambut berubah menjadi putih, dan gen lain yang memengaruhi bentuk maupun kerapatan rambut,” ujar Kaustubh Adhikari, peneliti dari University College London, Inggris.

Rambut memiliki warna karena berasal dari pigmen yang diproduksi oleh sel bernama melanosit yang terdapat di akar rambut. Seiring dengan bertambahnya usia, maka melanosit ini berhenti memproduksi pigmen, sehingga rambut kehilangan warna alami lalu menjadi putih. Namun, para ilmuwan belum mengetahui bagaimana persisnya IRF4 ini membuat rambut beruban.

Para peneliti percaya bahwa gen-gen terkait pembentukan rambut atau rambut beruban yang mereka identifikasi ini pasti tidak berperan sendiri, mungkin masih ada faktor-faktor lain yang terlibat didalamnya, jadi masih perlu diteliti lebih lanjut. Dengan mengetahui mekanisme IRF4 yang membuat rambut beruban, mungkin dapat membantu para ilmuwan mengembangkan suatu metode dalam menunda atau mencegah rambut beruban. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: MISTERI SERBA SERBI

Video Popular