Oleh CNA Kairo

Menteri Luar Negeri Prancis mengatakan bahwa sebelum menghadiri pembicaraan perdamaian di Jenewa nanti, Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan terlebih dahulu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jerman, Inggris dan Italia di Paris pada 13 Maret 2016 mendatang untuk membahas masalah krisis di Suriah.

Jean-Marc Ayrault dalam kunjungan selama 2 hari di Kairo kepada media mengatakan bahwa kelima menlu itu akan mengadakan pemantauan situasi gencatan senjata yang sudah disepakati 27 Februari 2016 lalu.

“Bila segala sesuatunya berjalan seperti yang kita harapkan, kita mendorong kekuatan oposisi untuk kembali ke meja perundingan,” kata Jean.

Jean-Marc Ayrault juga menegaskan bahwa keempat menlu Eropa meminta menlu AS untuk terlibat langsung dalam pemantauan gencatan senjata Suriah. Karena AS bersama Rusia yang telah memberikan kontribusi terhadap kesepakatan gencatan senjata.

Pertemuan juga untuk memastikan bahwa target serangan udara Rusia di Suriah adalah IS dan Al Nusra Front, 2 kelompok organisasi militan tetapi bukan kelompok moderat dan oposisi Suriah. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular