JAKARTA – Walaupun hiruk pikuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi DKI Jakarta sudah menggema, namun tahapan Pilkada dimulai pada akhir April 2016. Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta sebagai penyelenggara akan mempersiapkan segala macam tahapan menjelang Pilkada 2017.

Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno mengatakan akhir April 2016 sudah dimulai tahapannya persiapan penyusunan regulasi, rapat koordinasi. KPUD juga nantinya mempersiapkan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta pengangkatan panitia ad hoc.

Menurut dia, Pilkada DKI Jakarta 2017 akan dimulai dengan pendaftaran calon independen yang dimulai pada Agustus 2016. Tentunya calon independen harus memenuhi seluruh persyaratan untuk diajukan sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur. “Awal Agustus harus menyerahkan dukungan untuk calon independen,” katanya dikutip dari Beritajakarta.com, Rabu (9/3/2016).

Sumarno merinci persyaratan yang dimaksud adalah Foto KTP warga yang mendukung pencalonan kandidat independen. Penyerahan foto KTP dilakukan lebih awal karena KPUD DKI Jakarta harus memverifikasi lebih awal untuk memenuhi persyaratan pencalonan.

Dia menambahkan persyaratan foto copy KTP untuk calon independen diserahkan sebelum tahapan pendaftaran resmi peserta yang akan bertarung pada Pilkada DKI Jakarta dimulai. Sedangkan pendaftaran terhadap kandidat yang resmi bertarung untuk Pilkada DKI Jakarta dari dua kandidat yakni Independen atau independen dimulai pada awal Oktober 2016.

Pilkada Serentak DKI Jakarta akan digelar pada Februari 2017 bersamaan gelombang kedua Pilkada Serentak. Pilkada untuk Februari 2017 diperuntukkan terhadap kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada semester kedua 2016 dan kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2017.  (asr)

Share

Video Popular