JAKARTA – Ajang perhelatan Indonesia Fashion Week yang pertama kali digelar 2012 lalu, kembali digelar pada 2016 ini pada 10-13 Marret 2016 di JCC, Jakarta. Ajang kali ini digelar oleh Assosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Kerabat Dyan Utama  yang bertemakan Reflection of Culture yakni budaya lokal menjadi inspirasi pada perhelatan fashion ini.

Ketua Koordinator IFW 2016, Musa Widyatmodjo mengatakan acara tahun ini diharapkan sebagai langkah menjadikan fashion Indonesia dikenal dunia dengan ciri khas kebudayaannya yang kaya. Dia menuturkan, tahun ini akan menghadirkan rangkaian acara untuk para pecinta fashion di tanah air, mulai dari pameran dagang bertaraf internasional dan fashion show serta ditunjang dengan beragam program berupa talkshow, workshop dan kompetisi desain.

Menurut dia, acara ini akan diadakan kembali setiap tahunnya dengan tujuan untuk memberikan arah dan gambaran terhadap industri fashion di Indonesia. Dia menjelaskan, Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki kekuatan unik dalam fashion yang dipengaruhi oleh kekayaan budaya indonesia yang beragam. Bagi dia, budaya lokal tak berujung disertai dengan pengetahuan lokal yang berlimpah dari masyarakatnya yang kreatif.

Musa menambahkan, karena itulah, fashion Indonesia dipersiapkan untuk menjadi pusat fashion craft dan muslimah secara regional dan global. Apalagi, fashion adalah ekspresi dari identitas budaya. Sedangkan di era manapun, fashion adalah refleksi waktu dari apa yang terjadi saat itu, Karena itulah Pada tahun ke lima nya Indonesia Fashion week (IFW) mengangkat tema “Reflection of Culture”.

“Harapannya, melalui IFW 2016, budaya dan tradisi lokal akan menjadi fondasi dan referensi dari setiap desain. Kita sebagai bangsa Indonesia akan mampu mengukir identitas kita di dunia fashion dalam refleksi orisinalitas kita sendiri,” ujarnya dalam rils di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Pameran kali ini menghadirkan 487 Brand 12.000 outfits, 32 Fashion Show 1.746 outfits. Indonesia Fashion Week 2016 hadir dengan highlight baru yang menekankan pada aspek bisnis dan inovasi sehingga semakin optimis untuk mengarahkan dan mempromosikan produk mode buatan Indonesia yang mampu bersaing di pasar internasional.

IFW 2016 juga mempersembahkan fashion show di dua stage. Stage satu sebagai stage terbesar atau main stage yang berkapasitas penonton 1.400 orang memiliki enam slot fashion show yang menampilkan puluhan designer dengan dukungan ratusan model dan ratusan outfits. Di Stage dua dengan ukuran panggung yang lebih kecil atau mini stage mempersembahkan empat slot fashion show yang menampilkan puluhan designer designer dan didukung oleh puluhan model dan ratusan outfits. (asr)

Share

Video Popular