Erabaru.net. Hal yang paling membuat frustrasi saat ingin berselancar di dunia maya adalah memiliki internet yang lambat.

Untungnya, Anda dapat memecahkan masalah koneksi internet yang lambat.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempercepat pekerjaan Anda.

Ketahui Kecepatan Internet

Hal pertama yang anda perlu ketahui adalah seberapa cepat Internet Anda yang sebenarnya.

Ada alat online gratis untuk mencari tahu. Direkomendasikan Speedtest dan Ping-test. Situs ini akan memberitahu Anda dua bagian kinerja Internet Anda secara keseluruhan: kecepatan download dan upload Anda.

Mereka hanya mengambil waktu beberapa saat untuk menjalankan dan Anda tidak perlu men-download atau menginstal apapun. Anda akan mengetahui apakah Anda mendapatkan kecepatan seperti yang dikatakan oleh provider Anda atau tidak.

Jika Anda tidak tahu kecepatan yang ditawarkan saat Anda mendaftar, hubungi penyedia layanan Anda.

Dan kemudian Anda akan tahu kecepatan di dalam kenyataannya ketika Anda melakukan pengecekan.

Merapikan

Tidak diragukan lagi, Anda memiliki banyak program yang berjalan di komputer Anda.

Program-program tersebut akan mengambil bandwidth yang Anda butuhkan untuk hal yang lebih penting, seperti menemukan topi unik atau mendaftar tiket sekali jalan ke Mars.

Ada sejumlah cara untuk mengurangi jumlah program yang berjalan di computer Anda.

Berikut adalah beberapa tips bagaimana mematikan program yang start up secara otomatis dengan Windows. (Anda mungkin akan terkejut dengan betapa banyak program yang ada.) Video ini menunjukkan bagaimana cara menghilangkannya.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan pengaturan browser untuk memblokir iklan dalam berbagai bentuk yang disajikan oleh mereka, dari iklan popup atau iklan video auto-playing.

Anda dapat melakukannya melalui pemasangan browser extension  untuk membatasi iklan.

Bisa menggunkan pemblokir Adblock Plus.

Tapi ada banyak yang lain untuk dipilih karena masing-masing browser memiliki cara yang sedikit berbeda untuk melampirkan ekstensi.

Hati-hati Menghapus Cache Anda

Satu catatan dari hati-hati: Teman-teman Anda, keluarga, dan artikel Internet sesekali mungkin menyarankan agar Anda membersihkan file Internet untuk sementara, cookies dan cache untuk mempercepat internet Anda.

Sementara membersihkan file-file ini dapat membantu komputer Anda berjalan lebih cepat, namun itu benar-benar akan membuat Internet Anda berjalan lambat.

Cache Anda mengandung bagian-bagian dari situs web yang tetap statis.

Ini bisa apa saja dari grafis ke file HTML untuk CSS.

Alasan cache Anda menyimpan item-item tersebut adalah bahwa ketika Anda pergi ke sebuah situs web, terutama yang Anda kunjungi secara teratur, komputer Anda hanya perlu men-download bagian-bagian dari situs yang baru atau berbeda.

Bagian-bagian lama situs yang tidak berubah akan ditarik dari cache komputer Anda. Hasilnya adalah bahwa Anda perlu sedikit bandwidth untuk men-download website dan akan muncul di layar Anda lebih cepat.

Jika Anda terus-menerus menghapus cache, komputer Anda akan selalu mulai dari awal setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, bahkan jika itu adalah situs yang sering Anda kunjungi.

Apakah Anda tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat Cat Gifs? Apakah Anda ingin menunggu setiap saat untuk memuatnya lagi? Artikel ini adalah tentang meningkatkan kecepatan internet, bukan kecepatan komputer.

Periksa Pengaturan Wireless

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi koneksi nirkabel Anda.

Mungkin router nirkabel Anda ada di bawah tetapi Anda bekerja di lantai atas di mana sambungan lemah.

Anda mungkin perlu booster WiFi atau range extender.

Atau kesalahan mungkin terletak di lokasi router Anda di rumah Anda.

Jika router Anda berada di basement bisa menjadi masalah bagi Anda.

Kemungkinan lain adalah bahwa saluran router Anda perlu dirubah.

Router beroperasi pada saluran yang berbeda dan beberapa dari saluran-saluran tersebut terbagi oleh tetangga Anda, yang mengacaukan frekuensi nirkabel.

Misanya, Fred tinggal di lantai atas dan berseberangan dengan lorong Amanda yang memiliki router yang bersaing dengan router Anda.

Untuk mengatasinya adalah dengan menemukan saluran yang orang lain tidak menggunakan.

Ada alat untuk menganalisis saluran WiFi terdekat Anda untuk membantu membuat pilihan yang baik. WiFi Analyzer adalah salah satunya.

Cara lain memperbaiki dengan cepat adalah menghubungkan kabel Ethernet.

Jelas, ini hanya bekerja jika router dekat, tinggal sambungkan kabel dari router ke komputer Anda, dan bersiap mendapat kinerja secara lebih baik.

Lakukan Perubahan

Sayangnya, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.

Terkadang Internet Anda lambat karena Anda memilih tawaran berlangganan kecepatan yang sangat terbatas.

Anda mungkin memiliki sesuatu yang disebut ” starter package” atau “Best Value Plan.”

Sebuah film buatan teman menghabiskan semalam suntuk meng-upload video yang harusnya membutuhkan dua setengah jam.

Setelah menanyakan ke penyedia internet akhirnya ditemukan ternyata paket yang diambil hanya memperbolehkan batas 2 Mbps kecepatan upload.

Kemudian dia upgrade ke kecepatan 20 Mbps upload.

Perubahan adalah ketangkasan yang dramatis, video yang tadinya akan membutuhkan dua setengah jam untuk meng-upload sekarang hanya butuh beberapa menit.

Mengganti Router

Mungkin Anda hanya perlu ganti router baru.

Artikel ini mencakup beberapa petunjuk yang menandakan sudah waktunya untuk penggantian router.

Ini termasuk akses sporadis, koneksi drop off dan lampu router berkedip memberi pesan sedang ada kesalahan.

Anda mungkin memiliki router yang out of date. Kini router modern memiliki empat atau bahkan lebih antena, dan dioptimalkan untuk berbagai jenis sinyal.

Mengganti ISP

Memilih Internet Service Provider (ISP) harus dengan bijak.

Jika Anda telah menentukan ISP Anda saat ini tidak tepat untuk Anda, langkah berikutnya melakukan beberapa penelitian. Ada beberapa jenis penyedia, termasuk kabel, satelit dan serat optik.

Setiap penyedia menawarkan rencana yang agak berbeda.

Dan mempertimbangkan reputasi penyedia – apakah itu menawarkan dukungan pelanggan yang baik? Apakah ada batasan data? biaya tersembunyi? Dengan menggunakan Laporan DSL Anda dapat melihat apa yang orang katakan tentang Internet Service Provider di daerah Anda.

Mengubah Server DNS

Server Domain Name System (DNS) adalah perantara Internet.

Anda mungkin tidak pernah mendengar tentang mereka tetapi mereka menghubungkan Anda dengan segala sesuatu yang lain di luar sana di Internet.

Meskipun Anda mengetik URL (seperti “erabaru.net”) ke dalam browser Anda, komputer Anda perlu mengetahui alamat numerik dari situs yang membawa Anda ke sana.

Darimana mendapatkan info itu? Dari server DNS.

Beberapa server DNS tampil lebih baik daripada yang lain.

Jika server DNS Anda biasa-biasa saja, kecepatan Anda akan mencerminkan hal itu.

Caranya adalah dengan menemukan server DNS tercepat yang Anda bisa.

Ada alat untuk membantu Anda, seperti Namebench dan DNS benchmark.

Setelah Anda tahu server DNS yang terbaik, untuk mengubahnya menjadi sedikit rumit, dan Anda mungkin tidak ingin bermain-main dengan ini kecuali Anda yakin bisa melakukan. (ran)

Share

Video Popular