Ilmuwan komputer Ray Kurzweil, mengklaim tahun 2030-an sebagian manusia akan memiliki implan nanobot dalam otak mereka untuk mengakses informasi.

Dia memprediksi teknologi hipotetis akan menjadi langkah berikutnya dalam evolusi manusia yang memungkinkan untuk menghubungkan pikiran langsung ke ‘awan’ – seperti sesuatu yang keluar dalam film The Matrix.

“Ketika saya berbicara tentang komputer mencapai tingkat kecerdasan manusia, saya tidak berbicara tentang kecerdasan logis. Ada humor, dan pengungkapan perasaan mencintai … Itu adalah ujung tombak kecerdasan manusia, ” jelasnya.

Ini akan memungkinkan manusia untuk menyokong semua pikiran dan ingatan mereka dan memberi kecerdasan seperti layaknya Tuhan. Ada keindahan, cinta dan kreativitas dan kecerdasan di dunia, dan itu semua berasal dari neokorteks [bagian otak yang bertanggung jawab untuk fungsi-fungsi yang lebih tinggi],” ungkapnya dalam acara talkshow dengan astrofisikawan Neil deGrasse Tyson.

Dia berharap akan dapat menambahkan tingkat abstraksi dan menciptakan cara yang lebih mendalam tentang ekspresi sehingga manusia akan menjadi lebih musikal, akan menjadi lucu, akan menjadi lebih menawan.

Ray Kurzweil memberi contoh bagaimana teknologi dapat digunakan di masa depan jika ia bertemu dengan pendiri Google, Larry Page, di jalan.

Dia mengatakan, “Begitu saya berjalan-jalan, dan saya melihat Larry Page datang, lalu saya berpikir, ‘Saya lebih baik memikirkan sesuatu yang cerdas untuk berucap.”

“Karena 300 juta modul saya di dalam neokorteks saya tidak akan memotongnya. Saya butuh satu miliar dalam dua detik, seperti mengakses di ‘awan’, benar-benar sepertinya saya dapat melipatgandakan kecerdasan dengan ribuan smartphone lipat hari ini,” tambahnya.

Akankah manusia menjadi cyborg di masa depan? (ran)

Share

Video Popular