Oleh: dr. Soe Hyo – Seok

Cara tubuh dalam menopang kehidupan melalui dua saluran utama, yakni saluran pencernaan dan saluran pernapasan. Akan tetapi kita lebih banyak menaruh perhatian pada aktivitas makan daripada bernapas, dikarenakan aktivitas ini dilakukan dengan sadar sedangkan bernapas tidak. Namun, saya telah melihat kesehatan banyak orang meningkat secara dramatis setelah benar-benar membersihkan saluran pernapasan¬nya, dan saya percaya bahwa bernapas dengan baik sangatlah diperlukan untuk mencapai umur panjang dan kesehatan yang prima.

Beberapa tahun yang lalu, seorang pria setengah baya mengatakan kepada saya bagaimana peradangan kronis selaput lendir hidung (rhinitis kronis) telah mengubah jalan hidupnya secara drastis.

Dia seorang anak yang berbakat dan cerdas. Namun, menjelang kelulusan sekolah dasar, ia berhenti tumbuh karena kurang tidur akibat hidungnya tersumbat, dan ia tidak bisa berkonsentrasi pada pelajaran karena pasokan oksigen ke otaknya tidak memadai. Selain itu, ia menderita berbagai penyakit ringan yang timbul akibat seringnya bernapas melalui mulut. Kondisi ini akhirnya mengubah bentuk wajah karena rahangnya tampak menonjol.

Meskipun sesekali menderita hidung tersumbat bukanlah masalah besar, akan tetapi jika kondisi ini menjadi kronis dan memiliki kasus flu yang buruk, maka hal ini akan menyebabkan peradangan parah yang meluas ke tabung bronkial, meningkatkan risiko akan mengembangkan penyakit asma kronis, dan mengarah ke risiko kesehatan lainnya yang dapat mengancam jiwa.

Peradangan paru-paru adalah serius

Ketika orang sehat terkena cuaca dingin tanpa mengenakan pakaian yang cukup hangat, mereka akan mulai pilek, dan mungkin ini muncul bahwa mereka terserang dingin. Namun, pilek ini bukan dikarenakan penyakit, melainkan merupakan reaksi pelindung yang membantu melindungi tubuh dari udara dingin. Ketika reaksi seseorang terhadap dingin termasuk bersin, ini menunjukkan bahwa patogen inhalasi dan debu yang dibuang.

Dengan demikian, jenis-jenis reaksi ini menunjukkan proses fisiologis normal ketimbang jenis patologi apa pun. Ini bisa sulit untuk membedakan dengan jelas pilek ringan yang merupakan patologi, dari proses-proses fisiologis ini. Namun, jika Anda mengembangkan demam, maka hal ini tentunya patologi.

Gejala demam menunjukkan bahwa patogen telah menembus selaput lendir di hidung, diloloskan oleh amandel, dan berhasil masuk ke saluran bronkial.

Ketika ini terjadi, dan orang tersebut memiliki amandel yang sehat, maka amandel tidak akan terpengaruh dan akan mengeluarkan sel kekebalan penting (limfosit) yang berlimpah, yang dapat menekan invasi berbagai jenis virus dan bakteri, termasuk pneumococcus, bakteri yang bertanggung jawab untuk banyak penyakit, termasuk infeksi telinga dan meningitis.

Setelah melewati amandel, patogen akan menyusup ke sistem pernapasan yang membuat jalan mereka lebih dalam ke paru-paru. Jika amandel cukup sehat, patogen akan menemukan sebuah kekuatan pertahanan yang luar biasa bahwa tubuh telah dialokasikan untuk melindungi paru-paru. Limfosit merupakan bagian penting dari kekuatan ini.

Bagian lain dari kekuatan pertahanan ini termasuk saluran bronkial, yang ditutupi dengan lendir yang menangkap debu dan patogen, dan jutaan organel seperti rambut yang disebut silia, terus bergelombang bolak-balik untuk memindahkan lendir yang terkontaminasi sehingga dapat dikeluarkan sebagai dahak melalui batuk.

Namun, jika pergerakan silia tidak terjadi seperti biasanya karena fungsi paru-paru melemah, maka peradangan akan menyusup ke tabung bronkial, sehingga mengisinya dengan dahak lengket. Dahak ini akan menyempitkan saluran bronkial dan menyebabkan bronkitis, yang ditandai dengan batuk kronis dan kesulitan bernapas.

Jika kondisi ini diperparah lagi, seseorang mungkin mulai batuk dengan suara yang menyerupai gonggongan anjing. Ketika peradangan merembes masuk ke kantung udara dari paru-paru, maka hasilnya akan terkena radang paru-paru (pneumonia).

Radang paru-paru yang termanifestasi dengan serangan demam lebih dari 38 derajat Celcius adalah seperti seekor ular berbisa yang masuk ke dalam tubuh. Amandel yang sehat mencegah suhu tubuh meningkat tinggi, dan demam di bawah suhu ini adalah seperti digigit ular yang tidak berbisa.

Bahkan jika radang paru-paru telah aman ditekan, zat-zat berbahaya yang masuk paru-paru dapat terakumulasi selama beberapa dekade pasti sel paru merusak. Setelah sejumlah sel yang rusak, berbagai penyakit, seperti emfisema paru, bronkiektasis, dan fibrosis paru, dapat berkembang.

Namun, jika paru-paru telah rusak sekalipun, masih ada sistem dalam tubuh yang dapat mengembalikan mereka ke kondisi sehat, yaitu sistem kekebalan tubuh.

Kelenjar getah bening kunci pemulihan

Tubuh manusia memiliki antara 500 dan 700 kelenjar getah bening, yang terhubung sepanjang dengan jaringan -seperti kapiler, saluran, dan pembuluh lainnya. Fungsi dari sistem getah bening adalah untuk membantu tubuh menyingkirkan limbah dan racun.

Amandel, terletak di tenggorokan, adalah organ getah bening yang penting. Anda dapat menganggapnya sebagai raja yang memerintahkan sistem getah bening. Ketika amandel mendapatkan kembali kesehatan melalui fortifikasi fungsi paru-paru, seluruh sistem limfatik akan berjanji setia kepada “raja” yang telah kembali kuat dan sehat. Raja menyatakan: “Flu biasa yang disertai dengan demam tidak akan diizinkan lagi, dan pneumokokus tidak akan lagi ditoleransi. Menyingkirkan setiap pilek dalam waktu 2-3 hari.”

Semuanya akan terjadi seiring dengan kata-kata raja. Sistem kekebalan tubuh akan semakin makmur dan tidak akan membiarkan penyakit timbul dalam tubuh. Setelah menjalani empat bulan pembersihan paru-paru, sistem getah bening bahkan akan mencegah pertumbuhan lebih lanjut dari sel-sel kanker dan membantu tubuh mengatasi penyakit.

Hidup dan mati tergantung pada paru-paru

Bahkan orang-orang paling sehat di dunia sekalipun juga akan menumpuk banyak zat berbahaya dalam paru-parunya pada saat mereka mencapai usia 90 tahun.

Jika Anda telah merokok selama lebih dari 35 tahun, atau menderita TBC, atau pleuritis tuberkulosa, yang terjadi ketika jaringan yang melapisi paru-paru dan rongga dada menjadi terinfeksi, akumulasi zat berbahaya di dalam paru-paru akan dipercepat dan menghancurkan sel-sel paru pada usia relatif muda. Ketika saluran pernapasan, yang merupakan jalur kehidupan bagi tubuh, diblokir, dengan cepat dapat menyebabkan kematian.

Terapi pembersihan paru-paru dapat mengembalikan, membuka kembali, dan menghidupkan kembali saluran pernapasan. Ketika paru-paru secara menyeluruh dibersihkan, tubuh akan mampu menyingkirkan zat beracun, dan kulit akan menjadi cerah dan bersih. Setelah paru-paru bersih, akan membuat kulit menjadi sehat dan awet muda, dalam 6-8 bulan ke depan, kepadatan tulang akan meningkat. Pembersihan paru-paru yang berkelanjutan juga akan sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang akan memperlambat laju penuaan.

Selama 43 tahun berpraktek klinis, saya telah menemukan bahwa pengobatan dan pencegahan penyakit seperti dua sisi mata uang. Artinya, jika pencegahan mungkin, maka pengobatan juga mungkin.

Karena akar dari semua penyakit terletak pada paru-paru, rahasia untuk memperlakukan mereka jelas juga terletak pada pemu-lihan kesehatan paru-paru. pembersihan paru akan menyebabkan peningkatan kesehatan amandel, yang membantu mengembalikan vitalitas sistem getah bening. Sistem getah bening yang vital akan membentengi sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh, membuka pintu untuk panjang usia dengan kesehatan yang prima. (Epochtimes/Ajg/Yant)

Bersambung

Dr. Seo Hyo Seok adalah direktur Rumah Sakit Pengobatan Pyunkang Korea, yang memiliki tujuh cabang di Korea Selatan, satu di Stanton University, California, dan satu lagi di Atlanta, keduanya di AS. Dr. Seo termasuk peringkat atas dari Kyung Hee University, Korea, dan telah bertahun-tahun melakukan penelitian untuk mengembangkan formula herbal Pyunkang-Hwan, yang dapat meningkatkan kekebalan dengan memperkuat fungsi paru-paru. Ia telah membantu penyembuhan lebih 155.000 pasien dari berbagai kondisi.

Share

Video Popular