Sebuah pesawat penumpang Egypt Air jenis Boeing 737-800 yang membawa 71 orang penumpang saat hendak mendarat di Bandara Heathrow London pada Jumat (11/3/2016) sekitar pukul 16 waktu setempat pekan lalu mengalami pecah badan pesawat di bagian hidung akibat menabrak sekawanan burung yang terbang di kawasan itu. Beruntung pesawat bisa mendarat dengan selamat.

Dari gambar yang disebarkan lewat akun facebook milik seorang pejabat tinggi maskapai penerbangan Egypt Air, Amir Harshim terlihat bahwa lubang cukup besar menganga di bagian hidung pesawat itu. Bekas darah burung dan bulu-bulunya juga masih menempel di sana.

Pesawat tersebut akhirnya ditarik ke hanggar untuk mendapat perbaikan yang menelan waktu sampai 21 jam, sedangkan penumpang yang sedianya akan diberangkatkan ke Kairo dengan menumpang pesawat ini terpaksa diinapkan di London untuk diterbangkan pada keesokan harinya.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pernah mengingatkan manajemen bandara untuk mengambil langkah dalam mengurangi bahaya burung terhadap penerbangan. Dilaporkan bahwa kasus burung terbang hingga menabrak burung sangat serring terjadi di sekitar Bandara Heathrow. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular