JAKARTA – Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap Bupati Ogan Ilir, Ahmad Wazir Nofiadi Mawardi karena tertangkap mengonsumsi narkoba di Jalan Musyawarah III, Kelurahan Karang Anyar, Gandus, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu (13/3/2016).

Kepala BNN, Komjen Budi Waseso mengatakan Bupati Ogan Ilir yang baru dilantik dua lalu diamankan bersama 3 orang kaki tangannya, yaitu Mu (29, Pria, WNI, tangan kanan Bupati, menyiapkan alat-alat untuk hisap sabu), DA (31, Pria, WNI, PNS), dan Ju (38 Th, Pria, WNI, Security Rumah Pribadi Bupati).

Menurut Komjen Buwas, dari keempatnya tidak ditemukan barang bukti, namun berdasarkan hasil tes urine, ke empatnya positif mengonsumsi Narkoba jenis sabu. Saat penangkapan, Wakil Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam dan seorang anggota DPRD juga berada di lokasi. Namun Wabup Ilyas dan anggota DPRD tak terbukti mengonsumsi narkoba.

Komjen dalam jumpa pers di Kantor BNN, Jakarta, Senin (14/3/2016) mengatakan penangkapan bupati ini berawal dari diamankannnya seorang pria berinisial Icn alias Fa alias Icl (38, Pria, WNI, PNS) yang diduga sebagai pengedar Narkoba. Ketika dimintai keterangan petugas, pria yang bekerja sebagai PNS di salah satu Rumah Sakit Jiwa di Palembang, Sumatera Selatan ini mengaku sering memasok Narkoba kepada Bupati Ogan Ilir, Ahmad Wazir Nofiandi.

Para tersangka selanjutnya diamankan di BNN Provinsi Sumatera Selatan dan dibawa ke BNN Pusat guna pemeriksaan lebih lanjut atas kasus tersebut. BNN memperingatkan, penangkapan ini menjadi peringatan bagi masyarakat Indonesia, bahwa Narkoba mengancam seluruh lapisan masyarakat tanpa pandang bulu.

Oleh karena itu, BNN mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia harus meningkatkan kewaspadaannya dalam menjaga diri dan anggota keluarganya agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Para tersangka yang tertangkap bersama Bupati Ogan Ilir dikenakan Pasal 112 ayat (1) jo Pasal 127 ayat (1a), UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun.

Bupati Ogan Ilir (OI) Ahmad Wazir Nofiadi Mawardi, Pria kelahiran Palembang, 22 November 1988. Dia menyelesaikan pendidikannya pada Oktober 2014 di jurusan Psikologi, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta. Aw Nofiandi menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Golkar Kabupaten Ogan Ilir dan sebagai anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir 2014-2018.

AW Nofiandi merupakan putra Mawardi Yahya yang menjabat sebagai Bupati Kabupaten Ogan Ilir pertama terpilih melalui pilkada langsung.  Mawardi memimpin Ogan Ilir selama dua periode yakni 2005 – 2010 dan 2010 – 2015. (asr)

Share

Video Popular