Orang modern biasanya percaya bahwa otak mengatur tubuh. Namun menurut dokter Tiongkok kuno, jantung lah yang bertanggung jawab. Dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok, jantung dianggap sebagai kaisar tubuh. Ia yang menetapkan ritme dan arah bagi sistem organ untuk diikuti.

Apa yang mereka lihat pada jantung yang mumpuni kepemimpinannya? Sebuah perasaan spirit. Meskipun dokter Tiongkok kuno memahami bahwa jantung adalah organ penggerak darah ke seluruh tubuh, namun ini adalah detail kecil dalam skema besar. Mereka hanya menaruh sedikit perhatian ke jantung secara fisik dan berfokus hampir secara eksklusif pada spiritnya, yang dikenal sebagai Shen.

Shen dapat tampak seperti sebuah gagasan liar jika dibandingkan dengan konsep jantung secara konvensional dalam dunia kedokteran modern yakni “pompa” tubuh yang diagungkan, vital tapi kebanyakan secara mekanik. Namun penelitian terbaru datang untuk menyelidiki jantung sebagai organ berpikir, organ perasaan.

Menurut kitab Klasik Kaisar Kuning -teks tertua dalam pengobatan Tiongkok- kekuatan Shen merupakan dasar bagi kesehatan yang baik: “Jika Shen kuat, tubuh akan menjadi kuat; jika kita kehilangan Shen, tubuh akan binasa”.

Anda dapat menganggap Shen sebagai kekuatan yang menjiwai tubuh. Ia merupakan panduan atas kesadaran dan kecerdasan, mencerminkan apa yang diamati pada dunia luar, dan memberi kita rasa kesadaran.

Meskipun Anda mungkin telah diajarkan bahwa kualitas pikiran adalah milik otak, menurut ahli akupunktur Brandon LaGreca, pemilik klinik akupunktur East Troy di Wisconsin, orang masih secara intuitif untuk mengidentifikasi diri mereka dengan hati (jantung).

“Jika Anda bertanya pada seseorang untuk menunjuk ke dirinya sendiri, di mana mereka biasanya menunjuk? Dadanya. Saya pikir Anda akan sulit menemukan seseorang yang menunjuk pada kepalanya ketika mereka mengidentifikasi dirinya secara fisik,” katanya.

Penelitian dan spirit jantung

Meskipun ilmu pengetahuan modern baru mulai menemukan pandangan yang lebih luas terhadap jantung, akan tetapi telah lama ada pengakuan budaya di Barat bahwa jantung memiliki sisi spiritual. Misalnya penyair, mereka berbicara tentang perasaan pedih dari patah hati dan niat baik dari hati yang baik.

“Apakah Anda menggunakan aksara Tionghoa Shen atau tidak, saya pikir kita semua mengakui bahwa ada aspek kesadaran pada jantung,” ujar Brandon.

Studi menunjukkan bahwa ketidakseimbangan emosional dapat memiliki efek merusak pada jantung, seperti dampak stres kronis yang dapat menaikkan tekanan darah. Tetapi beberapa peneliti menemukan adanya hubungan yang lebih mendalam antara hati (jantung) dan pikiran.

Salah satu strategi pengobatan modern yang langsung melibatkan gagasan ini disebut HeartMath. Didukung para dokter seperti Christiane Northrup dan Deepak Chopra, HeartMath melibatkan perangkat biofeedback yang dikombinasikan dengan pernapasan dan latihan rasa syukur, yang dirancang untuk meningkatkan emosional dan kesejahteraan fisik dengan menargetkan apa yang mereka sebut “koneksi hati-otak”.

Ini seperti meditasi dengan mesin yang memberitahu jika Anda melakukannya dengan benar. Menurut penelitian dari HeartMath Institute, pola yang berbeda dari aktivitas jantung tidak hanya sesuai dengan keadaan emosional yang berbeda, tetapi mereka juga memiliki pengaruh yang berbeda pada fungsi kognitif.

Bukti lebih lanjut dari kesadaran hati (jantung) dapat ditemukan pada banyak kasus transplantasi jantung dimana si penerima organ melaporkan telah mewarisi hasrat, emosi, dan kepribadian dari pendonor.

Jadi bagaimana pengobatan Tiongkok kuno menganggap ide para peneliti hanya baru mulai mengenali? Menurut ahli akupunktur James Whittle, pemilik Blue Ridge Akupunktur Clinic di Asheville, North Carolina dan juga seorang penulis Art of the Heart in Chinese Medicine (seni jantung dalam pengobatan Tiongkok), itu masalah perspektif.

“Ini seperti ayam dan telur,” katanya. “Siapa yang pertama kali ada?”

Menurut James, pengobatan modern memfokuskan perhatian utamanya pada tubuh fisik, sehingga kualitas-kualitas yang tidak berwujud seperti kesadaran, muncul menjadi produk sampingan dari otak.

Pengobatan Tiongkok mengambil pendekatan yang berlawanan. Ini terlihat dari sifat dan gerakan energi untuk menjelaskan perubahan dalam tubuh fisik. Dari perspektif Tiongkok, spirit adalah yang utama, dan kesadaran terletak di jantung.

“Pengobatan Tiongkok dan kedokteran Barat dipuji sempurna tapi benar-benar berbeda,” kata James. “Salah satu guru saya pernah menggambarkan seperti ini: Jika Anda melihat keluar jendela dan melihat daun yang tertiup angin, pengobatan Barat adalah daunnya. pengobatan Tiongkok adalah anginnya.”

Energik jantung

Bagaimana Anda melihat angin tersebut? Untuk mendapatkan pegangan pada ide-ide energik, akan membantu jika menggunakan simbol dan pola dasar untuk ilustrasinya. Itu sebabnya pengobatan Tiongkok membicarakan dalam hal Yin dan Yang, dan lima unsur logam, kayu, air, api, dan bumi untuk menggambarkan kesehatan dan penyakit.

Dalam teori pengobatan tradisional Tiongkok, keseimbangan adalah nama sebuah permainan. Dingin, sifat lembut adalah Yin, harus selaras dengan panas dan kekuatan dari Yang.

Dalam ideologi ini, masing-masing organ sesuai dengan salah satu dari lima elemen yang ditemukan di alam. Penyakit muncul ketika unsur-unsur ini tidak seimbang. Terlalu banyak dari salah satu elemen adalah kondisi kelebihan. Terlalu sedikit adalah kekurangan. Ketika energi (Qi) diblokir, akan menghasilkan stagnasi.

Jantung merupakan elemen api. Orang Tiongkok tidak percaya adanya api secara fisik di dalam hati, tapi ini berfungsi sebagai metafora yang membawa seluruh diagnosis dan pengobatan. Insomnia misalnya, adalah gejala dari api jantung yang berlebihan. Gagal jantung kongestif (CHF) adalah hasil dari jantung yang mengalami defisiensi.

Tidak hanya jantung yang mengandung percikan kesadaran, tetapi juga meridian akupunktur yang bersesuaian dengan jantung, disebut “saluran api”. Ia mengalir di sepanjang lengan, dari ketiak hingga ke ujung kelingking.

Asosiasi simbolik lain dengan jantung adalah warna merah. Darah adalah koneksi yang jelas untuk warna ini, akan tetapi beberapa herbal yang biasa digunakan untuk mengobati jantung berwarna merah juga, seperti kurma merah Tiongkok (da zao), ginseng, dan buah gojiberi.

Selain itu, makanan yang berwarna merah juga dikatakan dapat mendukung kesehatan jantung. Anehnya, obat-obatan modern juga merekomendasikan pandangan yang sama. Ahli gizi menganjurkan makanan berwarna merah musiman, seperti buah ceri dan beri yang kaya akan vitamin C, tomat yang kaya lycopene dan semangka untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Tentu saja, jantung tidak dalam isolasi. Dalam pengobatan Tiongkok, semua sistem organ saling berhubungan satu sama lain, dan pengobatan yang tepat memandang seluruh tubuh menjadi pertimbangan.

“Jika jantung yang terlibat, Anda cukup banyak menjamin ada sistem lain yang terlibat dan Anda perlu memperhatikan seluruh tubuh,” kata James. “Mungkin ada jantung kekurangan Yang, defisiensi Qi limpa, dan defisiensi Yin ginjal pada waktu yang bersamaan.”

Untuk menggambarkan keterkaitan ini, Brandon LaGreca mengacu pada titik akupunktur meridian jantung yang dia gunakan untuk mengobati migrain. “Ini titik api pada saluran api,” katanya. “Dalam pengobatan Tiongkok, migrain sebenarnya patologi dari kantong empedu, dan hati dan kantong empedu memiliki koneksi di mana jantung bisa mengeluarkan kelebihan stagnasi kantong empedu.” (EpochtimesAjg/Yant)

Bersambung

Share

Video Popular