Minimnya infrastruktur jaringan di daerah pedesaan negara-negara terbelakang, sehingga tidak heran perangkat komputer desktop juga tampak langka di sana, dan sebagai gantinya adalah perangkat smartphone dan TV.

Sebuah perusahaan teknologi asal Amerika secara khusus merancang komputer desktop yang sederhana, awet dan murah untuk negara-negara berkembang, agar masyarakat di daerah-daerah tersebut juga bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan.

Matt Dalio, CEO Endless Computers yang khusus merancang  komputer dan sistem operasi untuk negara-negara berkembang ingin mengubah kondisi ini, ia ingin membuat sejenis komputer yang sederhana, tahan lama, dan murah untuk negara-negara terbelakang.

Melansir laman CNN, Dalio telah menciptakan satu unit komputer seharga US$ 169 atau sekitar Rp. 2.2 juta, ia berharap masyarakat di negara-negara berkembang bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan pengetahuan dari komputer desktop yang terkoneksi ke internet melalui smartphone.

Dalio mengatakan setelah timnya mengadakan penelitian panjang mengenai pasar di negara berkembang, ia menemukan bahwa konsumen ingin membeli komputer dengan harga yang lebih murah, dan bukan hanya ponsel pintar saja.

Perangkat Endless Mini menyediakan konten situs web sebesar 650MB seperti halnya Wikipedia dan materi edukasi dari Khan Academy. Konten ini nantinya dapat diakses tanpa menggunakan sambungan internet. Knsepnya adalah untuk memberi orang-orang manfaat internet tanpa harus membayar paket berlangganan data yang mahal.

Endless Computers berencana memasarkan komputer ini di Meksiko pada Mei mendatang. Perangkat lunak berbasis app dan dapat menyesuaikan perangkat keras yang suplai listriknya tidak stabil, komputer ini memiliki dua versi masing-masing 32GB dan 500GB, RAM 2GB.

Di negara-negara ini, jika ternak sapi mereka sakit, hal ini akan berdampak besar pada kehidupan mereka, karena itu berarti, sumber ekonomi mereka kemungkinan akan terputus. Maka, di saat demikian akan menjadi sangat penting untuk mendapatkan informasi terkait bagi mereka, karena mereka dapat mengakses internet dan mencari tahu pengetahuan yang berhubungan dengan kesehatan ternak.

“Saat ini, ada sekitar lima miliar orang yang belum memiliki komputer desktop, dan peluang bisnis mereka juga tidak terbatas, meskipun komputer mereka bukan yang termurah di pasar, tetapi dipastikan nilainya lebih dari harga semestinya.  Sama dengan konsumen di belahan dunia lainnya, konsumen di negara-negara berkembang juga menginginkan produk yang fungsional dan praktis,” kata Matt Dalio, CEO Endless Computers. (Epohtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular