Sebuah koin emas zaman Romawi kuno, yang kedua dari jenisnya telah diketahui keberadaannya, telah ditemukan di Israel oleh pendaki, kata pihak berwenang, Senin kemarin.

Koin bergambar Kaisar Augustus dan bertanggal 107 M. Itu adalah bagian dari serangkaian koin nostalgia bahwa Kaisar Trajan dicetak dan didedikasikan untuk para kaisar Romawi yang memerintah sebelum dia.

Menurut pernyataan Israel Antiquities Authority, satu-satunya koin lain seperti yang sekarang ditemukan dan dikenal dunia dipamerkan di Museum Inggris di London.

Saat itu Laurie Rimon sedang mendaki bersama teman-temannya di wilayah Galilea timur ketika ia melihat sebuah benda bersinar di rumput.

Danny Syon, seorang ahli koin di Israel Antiquities Authority, menyebutkan koin kuno berumur 2.000 tahun tersebut sebagai “langka di tingkat global”.

“Pada sebaliknya, memiliki simbol legiun Romawi di sebelah nama penguasa Trajan, dan pada bagian depan, bukan gambar Kaisar Trajan, seperti biasanya, ada potret kaisar ‘Yang Mulia Augustus’, “kata Syon.

Donald T. Ariel, kepala kurator departemen koin di Israel Antiquities Authority, percaya koin tersebut mungkin berhubungan dengan kehadiran tentara Romawi di wilayah tersebut sekitar 2.000 tahun yang lalu, ketika upaya dilakukan untuk menundukkan para pendukung Bar Kochba Revolt (132-136 M) melawan Kekaisaran Romawi.

“Sumber-sumber sejarah yang menggambarkan periode tersebut, mencatat bahwa beberapa tentara Romawi dibayar dengan gaji tinggi tiga koin emas, setara dengan 75 koin perak, setiap tanggal bayaran,” kata Ariel.

“Karena nilai moneter yang tinggi, tentara tidak mampu untuk membeli barang di pasar dengan koin emas, sebagai pedagang tidak bisa memberikan uang kembalian bagi mereka,” tambahnya.

Sementara perunggu dan perak dari Kaisar Trajan yang umum di negara itu, koin emas sangat langka. Sejauh ini, hanya dua koin emas lainnya dari kaisar ini telah terdaftar dalam Kekayaan Negara tetapi tidak dapat dibandingkan dengan temuan baru kali ini karena rincian pada keduanya berbeda.

Pejabat Israel Antiquities Authority akan menghadiahi Rimon sebuah sertifikat penghargaan yang menyatakan sebagai warga negara yang baik.

“Tidak mudah berpisah dengan koin itu,” Rimon mengakui.

“Setelah semua ini, tidak setiap hari orang akan menemukan sebuah benda yang begitu menakjubkan , tetapi saya harap saya akan melihatnya dipajang di museum dalam waktu dekat,” katanya. (ran)

Share

Video Popular