Oleh CNA Nigeria

Pejabat Penyelamatan Nigeria mengatakan, 2 orang wanita yang menyamar sebagai laki-laki adalah bomber yang meledakkan diri di sebuah masjid yang terletak timur laut  kota Maiduguri saat para jemaah sedang sholat pagi. Insiden itu menyebabkan 22 orang tewas.

Serangan bunuh diri ini terjadi sekitar 05:30 waktu setempat di lokasi yang bernama Molai distrik. Daerah ini telah berulang kali terjadi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok Boko Haram.

Juru bicara Badan Manajemen Darurat wilayah Borno, Abdullah Omar menyatakan pada AFP, “Ledakan bom itu terjadi di sebuah masjid yang terletak di pinggiran Maiduguri, namun, untuk kabar lebih lanjut kita masih menanti kedatangan para petugas kembali dari sana.”

Seorang lain dari Badan tersebut mengungkapkan, 2 orang wanita yang menyamar sebagai pria pagi itu masuk ke dalam masjid sebelum sholat dimulai.

“Salah satu dari mereka menyusup ke barisan jemaah yang berada di paling depan. Saat jemaah semua sudah berdiri, ia lalu meledakkan dirinya. banyak jemaah yang meninggal dan luka-luka,” katanya.

Sumber tersebut kemudian mengatakan, saat para jemaah lainnya berusaha untuk menyelamatkan diri, wanita kedua yang sengaja berada di barisan belakang segera berjalan menuju kerumunan jemaah yang berusaha untuk lari demi keselamatan lalu meledakkan diri. 22 orang jemaah tewas  saat itu dan 35 orang lainnya luka-luka.

Sumber juga mengatakan bahwa jemaah yang selamat dan para petugas penyelamatan semua membenarkan pelaku serangan itu adalah wanita. Dari karakteristik serangan dapat dipastikan bahwa pelaku serangan tersebut adalah kelompok ekstremis Boko Haram. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular