Orang modern biasanya percaya bahwa otak mengatur tubuh. Namun menurut dokter Tiongkok kuno, jantung lah yang bertanggung jawab. Dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok, jantung dianggap sebagai kaisar tubuh. Ia yang menetap¬kan nada dan arah bagi sistem organ untuk diikuti.

Fokus pada pencegahan

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Genetika memainkan peran yang kecil dalam pengembangan masalah jantung, para ahli sepakat bahwa penyebab paling utama penyakit jantung ditimbulkan oleh faktor-faktor yang dapat dicegah. Namun, ini adalah ide yang relatif baru dalam ilmu pengetahuan modern.

Pada akhir 1970-an, Dr Dean Ornish adalah ilmuwan medis Barat pertama yang meneliti makanan, olahraga, dan konseling kelompok sebagai strategi valid untuk menyembuhkan masalah jantung. Sejak itu, perubahan gaya hidup yang digariskan dalam program Ornish telah berulang kali terbukti bahwa mereka dapat mencegah dan bahkan membalikkan kondisi penyakit jantung.

Seperti program Ornish, salah satu fitur kunci dari pengobatan Tiongkok adalah penekanannya pada pencegahan penyakit. Dokter Tiongkok tahu bahwa jauh sebelum fisik jantung sakit, Shen akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan, seperti kecemasan, ketakutan, depresi, obsesi, dan insomnia (gejala jiwa yang gelisah).

Untuk menyehatkan Shen, dibutuhkan rasa kebersamaan, tujuan, dan ketenangan pikiran-kualitas yang sering sulit didapat di dalam dunia industri yang stres tinggi.

Dengan demikian, pengobatan Tiongkok mengakui dan memperlakukan masalah “jantung” jauh lebih luas daripada kedokteran Barat.

“Tentu saja kami juga merawat orang yang memiliki jantung berdebar-debar, serta penderita penyakit jantung tingkat lanjut dan gagal jantung, tapi itu bukan bagian terbesar dari ketidakseimbangan jantung dalam pengobatan Tiongkok,” kata Brandon LaGreca. “Hal-hal seperti berada di luar jangkauan diri sendiri dan tujuan seseorang, insomnia, kecemasan dan depresi datang dalam pasokan besar di antara pasien kami.”

Hubungan jantung – lidah

Setelah Anda tahu apa yang harus dicari, tanda-tanda gangguan Shen bisa mudah dikenali. Literatur Tiongkok kuno mengatakan untuk pertama kali melihat pada wajah. Wajah dengan ekspresi tenang dan kulit kemerahan menunjukkan bahwa Shen kuat dan memiliki sirkulasi yang baik; apabila wajah tampak pucat dan khawatir, menunjukkan ada masalah.

Indikasi eksternal lainnya bagi kesehatan spirit jantung ditemukan pada lidah. Apabila ujung lidah berwarna merah, misalnya, menunjukkan adanya kelebihan panas pada jantung, yang sering kali bermanifestasi sebagai kecemasan atau insomnia.

Koneksi jantung ke lidah memiliki kualitas metaforis juga. Tidak hanya kemampuan kita untuk merasakan berhubungan dengan kesehatan jantung dalam pengobatan Tiongkok, tapi jantung dikatakan memiliki beberapa kemampuan merasakannya sendiri.

“Kita bisa melihat lidah untuk melihat bagaimana jantung berfungsi dan kesehatan jantung,” kata Brandon. “Kami memperluas ide ini dengan metafora bahwa jantung merasakan apa yang datang melalui darah -hormon dan bahan kimia, dan semacamnya- dan mengatakan pada tubuh apa yang akan dipersiapkan.”

Menurut ahli akupunktur Emma Suttie, pemilik Blue Buddha Acupuncture Sarasota di Florida dan pendiri Chinese Medicine Living (sebuah website yang ditujukan untuk berbagi kebijaksanaan tradisional Tiongkok), koneksi jantung-lidah juga meluas pada komunikasi kita.

“Kemampuan kita untuk berbicara dengan jelas merupakan manifestasi langsung dari jantung,” katanya.

Emma Suttie baru-baru ini melihat seorang pasien dengan beberapa tanda-tanda spirit jantung terluka, seperti kecemasan, insomnia, dan kesedihan ekstrim. Gejalanya berawal setahun sebelumnya, setelah ayahnya tewas dalam kecelakaan. Dia begitu dekat dengan ayahnya sehingga sulit baginya untuk melanjutkan hidup.

“Dia berasal dari keluarga yang tidak suka berbicara tentang perasaan mereka, sehingga ia merasa tidak diizinkan untuk berduka atas hal yang sangat menyakitkan ini,” kata Emma.

Selain herbal dan akupunktur untuk menyembuhkan ketidakseimbangan jantung, Emma mengatakan bagian yang paling penting dari resep pengobatannya adalah membuat pasiennya makin banyak berbicara dan mengenal perasaannya sendiri.

“Selama menjalani perawatan akupunktur, dia terkadang menangis di meja praktik, akupunktur melepaskan kesedihan yang terperangkap di dalam tubuhnya,” kata Emma. “Dengan berjalannya waktu, gejala tersebut menghilang, dan dia mampu memikirkan ayahnya dan merasakan perasaan suka-cita saat mengenangnya bukan lagi dirundung dengan kesedihan. Semua hal ini membantu untuk menyembuhkan hatinya dan mendapatkan kembali keseimbang-an sehingga dia bisa merasakan perasaan sukacita sekali lagi.”

Jantung dalam kondisi seimbang

James Whittle menyebutkan sebuah kasus gangguan Shen jantung yang ia jumpai baru-baru ini: Seorang wanita berusia 50 tahun mengalami kecemasan, palpitasi, dan insomnia ekstrim yang telah berlangsung selama beberapa tahun.

“Shen menyukai kedamaian dan ketenangan,” jelas James. “Dalam kasusnya, wanita ini memiliki pekerjaan yang membuatnya merasa sangat cemas, dan ia menyadari bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan pekerjaan itu dan menemukan sesuatu yang akan memberikan kontribusi bagi kebahagiaannya. Ketika dia membuat pilihan gaya hidup, itu adalah perubahan besar.”

Tentu saja, menghindari bukanlah selalu pilihan. Dalam kasus ini, James mendorong pasiennya untuk mempelajari teknik yang menumbuhkan kedamaian batin sehingga mereka lebih baik dalam menangani stres yang harus dihadapi.

“Anda mungkin harus berlatih Qigong, Taichi, atau latihan pernapasan. Anda mungkin harus mengubah pola makan Anda dan pastikan gula darah Anda diatur dengan baik untuk membantu menangani stres,” kata James.

Emosi seperti rasa takut, marah, benci, dan dendam bisa menyakiti jantung, sedangkan sukacita adalah keadaan alami. Namun tema penting dalam filsafat Tiongkok adalah segala sesuatunya dalam kondisi tidak berlebihan. Banyak literatur Tiongkok kuno memperingatkan bahwa kelebihan sukacita juga dapat membahayakan jantung.

“Sebutan yang lebih tepat dalam bahasa Inggris mungkin mania,” kata Brandon LaGreca. “Ini bisa seseorang yang bipolar dan memiliki episode manik, tetapi bisa menimpa siapa pun yangmenjalani hidup yang besar dan memiliki banyak hal yang terjadi. Sebuah kondisi ekstrim gembira yang terjadi dalam jangka waktu lama bisa memiliki efek negatif pada jantung.”

“Dalam budaya Asia, sering kali ada penekanan pada kultivasi perasaan damai dan ketenangan. Itulah hati dalam keseimbangan. Ini seperti biarawan yang telah bermeditasi dan dapat menunggang gelombang emosi dalam dunia di sekitar [dia].”

Tips merawat Shen

Para dokter di zaman Tiongkok kuno memercayai kunci untuk memiliki kesehatan yang baik dimulai dengan spirit jantung yang sehat atau disebut “shen”. Berikut beberapa cara untuk menjaga Shen Anda tetap dalam kondisi prima.

Berfokus pada

Menjaga penampilan yang positif.

Cukup beristirahat.

Melatih kebajikan dan belas kasih.

Mencari ketenangan dan kedamaian.

Bermeditasi.

Berjalan-jalan di alam.

Hindari

Bekerja terlalu banyak.

Skedul yang tidak pasti.

Kurang tidur.

Stres kronis.

Marah, benci dan dendam.(Epochtimes/Ajg/Yant)

Tamat

Share

Video Popular